Ini yang Dilakukan Pemkot Bontang untuk Kurangi Sampah Plastik

oleh -152 kali dilihat
Wali Kota Neni Moerniaeni bagikan kantong ramah lingkungan/foto-Yahya
Irhyl R Makkatutu

Bontang, Klikhijau.com – Pesan dari Yahya Yabo masuk ke whatsapp saya kemarin, berisi link salah satu media daring Bontang, pktvbontang.com. link tersebut berisi berita tentang Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang bersama beberapa perusahaan membagikan kantong belanja ramah lingkungan kepada masyarakat.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 2.350  kantong belanja ramah lingkungan dibagikan  pada hari Minggu, 24 Februari 2019  lalu. Hal itu dilakukan sebagai sebuah upaya dan  komitmen untuk menekan penggunaan kantong plastik di Kota Bontang.

Pembagian tersebut dilakukan di area car free day sekitaran jalan MT Haryono. Bukan hanya pembagian kantong belanja ramah lingkungan saja yang digelar pada hari itu, tapi juga dirangkai penandatanganan deklarasi komitmen pengendalian sampah plastik.

KLIK INI: Melalui Perwali Bernomor 30, Bontang Perangi Sampah Plastik

Kota Bontang menjadi salah satu kota tertinggi di Indonesia penggunakantong plastik, dalam sebulan bisa mencapai 2.700 ton.  Setiap harinya petugas kebersihan mengangkut 90 ton sampah untuk diolah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pembagian kantong belanja ramah lingkungan tersebut, juga sebagai upaya Pemkot Bontang menegaskan Perwali Kota Bontang nomor 30 tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan produk plastik sekali pakai.

“Kota Bontang akan mengendalikan pengunaan plastik dengan menerapkan Perwali nomor 30 tahun 2018, mengenai pengurangan penggunaan produk plastik sekali pakai yang akan diterapkan di toko – toko dan swalayan pada 1 april 2019,” terang Wali Kota.

KLIK INI: Pemkot Kendari Komitmen Menggalakkan Pembangunan Berbasis Lingkungan

Neni juga menyampaikan kegiatan pembagian kantong belanja ramah lingkungan tersebut dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional. Melalui kegiatan ini pemerintah sekaligus mensosialisasikan Perwali terkait pengurangan sampah plastik untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

“Saya yakin masyarakat Bontang punya kepedulian dan kesadaran yang tinggi dalam menjaga lingkungan dan Bontang yang kita cintai ini,” tambahnya.

Upaya pengurangan sampah, khususnya sampah plastik memang sedang ramai digalakkan pemerintah, yang terbaru Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengajak pemerintah daerah bergerak cepat mengatasi masalah lingkungan, salah satunya adalah sampah. Ini beritanya, klik saja Siti Minta Pemerintah Daerah Bergerak Cepat Atasi Masalah Lingkungan. (ir)