Ini Tips Agar Tetap Sehat Saat Konsumsi Menu Lebaran

oleh -274 kali dilihat
Iustrasi ucapan lebaran/foto-images.kontan.co.id
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Seusai salat idul fitri, saya mengunjungi beberapa rumah kerabat. Tak jauh beda dengan lebaran sebelum-sebelumnya. Setiap rumah yang saya masuki, menyajikan makanan khas lebaran, buras, ketupat dan lainnya.

Lebaran menjadi momen momen yang identik dengan kelimpahan makanan. Saking banyaknya, kita kadang pusing sendiri pilih makanan yang mana.

Jenis-jenis makanan yang disajikan sangat menggoda. Memicu selera makan memuncak. Saya juga mengalaminya, tetapi perut kerap tak bisa bohong—ia terasa sesak.

KLIK INI:  Lebaran Kali Ini Lebih ‘Hijau’, Bisakah?

Jenis makanan tersebut memang nikmat, namun dibalik itu apabila dikonsumsi secara berlebih maka akan berdampak buruk pada kesehatan.

Saya dan kamu boleh saja menikmati makanan bersantan atau yang manis-manis asal tetap dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

  Dan untuk menghindari gangguan kesehatan di antara kepungan makanan itu, sebaiknya ikuti tips ini:

  • Sebelum berangkat silaturahmi, makanlah sebuah apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih. Serat dari apel ini bisa membantu menahan nafsu makan yang muncul saat melihat hidangan lebaran yang mengundang selera
KLIK INI:  Selamat Lebaran, Selamat Hari Lingkungan Hidup Juga!
  • Ketika ingin menyantap ketupat, sebaiknya konsumsi dalam porsi kecil dan ambil lauk pauk seperti opor, gulai atau rendang dengan porsi cukup.
  • Tetap seimbangkan asupan makan dengan tidak melupakan buah-buahan dan sayur-sayuran agar berat badan tetap stabil.
  • Untuk minuman, konsumsi air putih lebih banyak dari minuman yang mengandung gula seperti softdrinkatau sirup
  • Tetap lakukan olah raga seperti banyak bergerak untuk membakar kalori, tidak hanya duduk-duduk saja. Dengan menjalankan tips di atas maka kamu akan tetap dapat menikmati lezatnya hidangan lebaran, namun masih dalam pola yang sehat.

Itulah tips sederhana agar tetap sehat saat konsumsi menu lebaran.

KLIK INI:  Saat Mudik, Anda Bisa Berkendara dengan Ramah Lingkungan, Ini Caranya!