Ini Manfaat Berbuka dengan Air Kelapa Muda dan Bahayanya

oleh -1,182 kali dilihat
Ini Manfaat Berbuka dengan Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda

Klikhijau.com – Tak sedikit orang yang memilih air kelapa muda saat berbuka puasa. Ini dikarenakan, air kelapa muda bisa memberikan sensasi segar dan cepat menghilangkan dahaga.

Ternyata, berbuka puasa dengan air kelapa muda ternyata bisa memberikan banyak kebaikan bagi kesehatan. Tentu saja ini menurut pakar kesehatan.

Dilansir Tabloid Bintang, saat berbuka puasa, air kelapa dapat berperan mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah 14 jam berpuasa.

Hal ini dijelaskan oleh dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, yang mengatakan bahwa kandungan cairan dalam air kelapa sangat tinggi sehingga bisa mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh saat sahur dan berbuka puasa.

KLIK INI:  Selain Menetralisir Keracunan Makanan, Ini 6 Manfaat Lain Air Kelapa

“Air kelapa kaya akan kandungan kalium, pottasium dan magnesium, juga serat yang tinggi. Jadi kalau kita konsumsi manfaatnya banyak sekali,” jelasnya.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam air kelapa juga dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tidak turun drastis alias drop.

Sementara itu, dilansir dari Doktersehat.com, Dr. Tirta Prawira Sari, MSc, SpGK dari Yayasan Gema Sadar Gizi mengatakan bahwa air kelapa muda bisa menyediakan berbagai elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib

Saat terkena dehidrasi, kita sebaiknya mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan elektrolit layaknya air kelapa, kurma, jus jeruk, atau buah apel.

Air kelapa sendiri memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga cukup baik untuk dikonsumsi saat merasa haus.

Hanya saja, bagi penderita gagal ginjal, ada baiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan elektrolit tersebut karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatannya.

Maka dari itu, air kelapa untuk berbuka puasa bisa menjadi pilihan yang baik. Air kelapa bisa menyegarkan sekaligus menyehatkan.

KLIK INI:  Buah Rambutan, Lezat Dagingnya dan Jangan Sepelekan 4 Manfaat Ajaib Bijinya