Ingin Makan Siang Anda Lebih Sehat? Cobalah Tips Ini!

oleh -123 kali dilihat
Ingin Makan Siang Anda Lebih Sehat? Cobalah Tips Ini!
Ilustrasi makanan/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Mungkin bagi banyak orang, makan siang adalah hal sepele sehingga cenderung menunda dan mengulur waktu atau bahkan lupa makan siang.

Selain itu, keterbatasan waktu dan tempat kadang juga membuat pekerja kantoran memilih menu makanan yang instan.

Dikutip dari Detik.com, sebuah riset membuktikan jika menu makan siang yang tak sehat berisiko tinggi menyebabkan kegemukan. Risiko lainnya adalah tekanan darah dan kolesterol naik serta risiko penyakit tidak menular di masa depan.

Mestinya, makan siang memberikan asupan energi yang paling besar untuk tubuh. Memilih menu makanan tentu jadi penentu meningkatnya asupan gizi yang baik untuk tubuh.

Berikut ini tips makan siang yang bisa Anda coba agar asupan gizi tubuh terpenuhi.

KLIK INI:  Gratis, Cara Ampuh Atasi Stres Saat Menuju Tempat Kerja
# Membawa bekal dari rumah

Selain lebih higienis, membawa makanan sendiri justru lebih sehat. Studi yang dilakukan di Georgia State University mengatakan, makan siang bersama teman di luar (restoran) akan membuat porsi makan menjadi lebih banyak dibanding biasanya.

Menu makanan juga bisa dipilih sebelum berangkat ke kantor. Gillian Killiner, ahli diet dan juru bicara British Dietetic Association mengatakan, makanan yang ditambah dengan sayuran atau salad, bisa menjadi pilihan yang baik.

Membeli makanan di luar “harus menjadi pilihan terakhir” yang bisanya sarat dengan bahan-bahan pro-inflamasi, terutama minyak sayur dan pengisi yang murah. Hal itu tidak memberikan energi kerja lama.

#Jangan makan terburu-buru

Makan dengan cara dikunyah perlahan akan membuat seseorang merasa cepat kenyang.

Makanan yang dikunyah dengan baik akan tercerna baik oleh tubuh. Selain itu juga untuk menghindari dari tersedak.

KLIK INI:  Dengan Makanan Ini, Anda Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
# Jangan makan di meja kerja

Ditulis Ajeng Anastasia Kinanti di laman detikHealth, yang mengutip dari Daily Mail menyebutkan, pekerja yang terbiasa makan siang di meja kerja cenderung lebih memilih menu fast food, berlemak tinggi, lengkap dengan minuman manis.

Menu makan siang seperti ini cepat membuat lapar kembali beberapa jam setelahnya, sehingga kembali ngemil camilan yang tak sehat. Dalam jangka panjang, hal ini dapat memicu kenaikan berat badan yang tak terkontrol.

Cobalah nikmati makanan Anda di tempat yang tenang. Selain itu, makan di meja kerja mungkin membuat Anda lebih fokus pada pekerjaan daripada pada makanan. Ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Reseptor dari usus ke otak tidak akan bekerja secara optimal. Ini membuat Anda mengonsumsi makanan lebih banyak tanpa menyadari apa yang sudah Anda konsumsi.

# Perhatikan asupan air

Terlalu banyak cairan saat makan dapat menyebabkan beberapa orang mengalami refluks asam, sehingga menyebabkan rasa sakit dan kembung.

Killiner menyarankan, lebih baik sering minum air putih dalan jumlah kecil. Usahakan minum 500 ml air 30 menit sebelum makan.

Hal tersebut dapat mengurangi rasa lapar sehingga Anda lebih bisa mengontrol diri memilih makanan sehat.

Sedangkan saat makan, cukup minum sekitar 250 ml saja.

# Hindari camilan setelah makan

Kadang orang sering merasakan kantuk setelah makan siang. Kadang juga merasa ingin makan camilan seperti cokelat dan sebagainya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, seperti roti, pasta, atau kentang sebaiknya dihindari.

***

Itulah beberapa tips agar makan siang Anda lebih sehat dan asupan gizi tubuh terpenuhi.

KLIK INI:  Selain Sejuk, Ini Manfaat Lain Berada di Ruang Terbuka Hijau