Ingin Liburan ke Pantai, Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!

oleh -234 kali dilihat
Ilustrasi liburan ke pantai
Ilustrasi liburan ke pantai/foto-Tempo.co
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Cerita tentang pantai tak pernah susut. Ia kerap datang menderu. Pantai menjadi tempat menciptakan cerita dan mengenang kenangan.

Pantai menjadi tempat yang “wajib” dikunjungi di akhir pekan oleh banyak orang. Namun, tak sedikit yang berkunjung ke pantai dengan peralatan ala kadarnya. Padahal seharusnya jika mengunjungi pantai ada beberapa hal yang harus disiapkan:

  • Krim tabir surya atau sun block

Jangan pernah pergi ke pantai sebelum Anda mengoleskan krim tabir surya atau sun block ke kulit, terutama di wajah. Karena sengatan matahari bisa membakar kulit yang tidak tertutup sun block. Alhasil, setelah liburan kulit akan mengelupas seperti sisik ular.

KLIK INI:  Taka Bonerate, Surga keanekaragaman Hayati di Selatan Sulsel
  • Kacamata hitam atau sunglasses

Kacamata hitam cukup berguna untuk menangkal sinar matahari yang menyilaukan pandangan, terutama di siang hari. Saat Anda berjemur atau bermain voli pantai, keberadaan matahari akan cukup menggangu pandangan. Maka tidak ada salahnya menenggerkan kacamata hitam di depan mata Anda untuk mendapatkan liburan yang nyaman.

  • Sandal

Tinggalkan sepatu kets, apalagi hak tinggi, ketika liburan di pantai karena dua jenis alas kaki itu tidak akan berfungsi sempurna. Di pantai, alas kaki yang menjadi andalan adalah sandal, baik yang berbentuk sandal biasa maupun jepit.

Berjalan di pantai dengan sandal membuat langkah kaki ringan. Pasir pantai tidak akan menyelip antara sela-sela kaki dengan alasnya, tak seperti sepatu yang membuat pasir mengendap di dalamnya.

KLIK INI:  Tidak Hanya Surga Bagi Penyelam, Taka Bonerate juga Punya 3 Destinasi Darat yang Menggiurkan
  • Kain pantai

Jangan lupa membawa kain pantai saat liburan di tepi laut. Selain berfungsi sebagai alas duduk atau rebahan, kain pantai juga bisa dililit ke tubuh menjadi gaun atau rok.

  • Air mineral

Sediakan sebotol air mineral dalam barang bawaan Anda. Cuaca yang cukup panas di pantai bakal menyerap cairan tubuh. Akibatnya Anda akan mudah haus. Sekitar pantai, pastinya ada banyak penjual air kemasan. Tapi sebaiknya hindari air berasa manis karena hanya akan menambah rasa haus. Selain itu, air mineral jauh lebih baik dari air kemasan mana pun karena mampu mengganti cairan tubuh dengan maksimal.

  • Kamera

Kamera, jangan pernah melupakan benda yang satu ini, kemana pun tujuan liburan Anda. Dengan kamera, momen liburan dapat diabadikan. Hasilnya pun bisa Anda tunjukan ke kerabat dan teman. Pasalnya, no pic, hoax.

  • Perlengkapan menyelam atau snorkling

Laut yang biru dengan komunitas di bawahnya yang menawan kerap menarik kita untuk melihatnya. Bila Anda ingin mengintip habitat di bawah laut, baiknya sediakan perlengkapan menyelam. Jika tidak bisa menyelam, Anda masih bisa melihat keindahan bawah laut dengan snorkling.

Tips di atas itu pernah tayang di Tempo.co, Sabtu, 31 Desember 2011 lalu. Memang tips itu telah lama tayang, tapi tetap menjadi hal penting bagi kamu yang menyukai wisata pantai. Cobalah, biar liburanmu lebih bermakna.

KLIK INI:  Berbagai Ide Bermain Sambil Belajar Mengenal Alam pada Anak