HPHA Sulsel, Organisasi yang Bergerak untuk Pelestarian Hutan

oleh -56 kali dilihat
HPHA Sulsel, Organisasi yang Bergerak untuk Pelestarian Hutan
Aksi HPHA Sulsel menanam mangrove di. pesisir Makassar - Foto: Ist

Klikhijau.com – Himpunan Pelestari Hutan Andalan (HPHA) Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah sebuah organisasi yang menghimpun para pegiat lingkungan dan pencinta alam untuk mendorong pelestarian dan aksi-aksi kepedulian lingkungan.

HPHA dideklarasikan di Ciawi Bogor pada tahun 2013, bersamaan dengan pembentukan pengurus HPHA Sulsel yang dimotori oleh Nur Akbar dan kawan-kawan.

Organisasi ini menjadi rumah bagi para pelestari hutan andalan yang sebagian besar adalah pemenang lomba wana lestari. Dalam bergerak di bidang pelestarian hutan, HPHA menjadi mitra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Untuk melegalkan organisasinya, HPHA Sulsel telah berbadan hokum sejak 21 Desember 2021 dan sekaligus menenatap nama permanen yakni HARAPAN PELESTARI HUTAN ANDALAN SULSEL.

Sebagai organisasi yang ditumbuhkan dengan kecintaan pada lingkungan hidup, HPHA memiliki visi memperbaiki hutan yang rusak demu menyelamatkan bumi dari ancaman kerusakan.

KLIK INI:  Rumah Koran, Komunitas Literasi Lingkungan di Kaki Gunung Bawakaraeng

HPHA juga terus bergerak dalam mengedukasi dan memperkuat kesadaran masyarakat agar semakin peduli pada lingkungan hidup.

Sejauh ini, HPHA Sulsel telah melakukan ragam aksi pelestarian lingkungan antara lain penanaman pohon dan bibit mangrove di pesisir Sulawesi Selatan. Menariknya, organisasi HPHA Sulsel melibatkan pihak-pihak korporasi dan individu untuk terlibat dalam penanaman. Misi ini dinilai penting sebab dalam hal penyelamatan lingkungan, semua pihak sejatinya harus berkontribusi dan kolaborasi.

Terbaru misalnya, HPHA Sulsel berkolaborasi dengan Maskapai penerbangan Citilink Indonesia menginisiasi program penanaman 1.000 pohon untuk Indonesia di pesisir Untia, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan ini bagian dari menjaga kelestarian alam yang diharapkan berdampak pada upaya mengantisipasi ancaman perubahan iklim.

Agenda itu berlangsung di Pantai Untia, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Kamis 20 Oktober 2022. Program penanaman 1.000 bibit mangrove ini bagian Corporate Social Responsibilty (CSR) Citilink Indonesia.

Selain itu, sejumlah program yang sama juga telah dilakukan kerjasama instansi dan perseorangan. HPHA Sulsel membuka akses donasi pada siapa pun untuk terlibat dalam rehabilitasi hutan.

Ke depan, HPHA Sulsel akan fokus pada rehabilitasi dan konservasi ekosistem mangrove di Sulsel. Organisasi ini telah menjalin komunikasi dan kerjasama dengan pihak pemerintah, BUMN, BUMD serta yang tertarik melakukan sedekah bibit buah untuk masyarakat.

Dengan motto “Menanam, menjaga, memelihara pohon dan lingkungan dari kerusakan serta pemanasan global” HPHA Sulsel berkomitmen membantu pemerintah dalam pemulihan hutan khususnya di Sulawesi Selatan.

KLIK INI:  Mau Merasakan Sensasi Membaca di Atas Pohon, Ke Tempat Ini Saja!