Hindari Penyakit dengan Cuci Tangan, Ini Cara yang Benar Menurut WHO

oleh -206 kali dilihat
Hindari Penyakit dengan Cuci Tangan, Ini Cara yang Benar Menurut WHO
Hindari penyakit dengan rajin mencuci tangan/Foto-marketeers.com

Klikhijau.com – Setiap orang mendambakan agar bisa terhindar dari penyakit dan menjaga kebersihan dengan rutin cuci tangan merupakan salah satu langkah yang paling penting.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mencuci tangan dengan benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit hingga 50%. Misalnya seperti influenza, diare, hingga hepatitis A.

Sejak lama, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menganjurkan agar kita rajin cuci tangan dengan sabun. Tentu saja agar bakteri tidak sampai masuk ke tubuh melalui tangan sehingga terhindar dari beragam jenis penyakit.

Peneliti dari Glasgow Caledonian Univesity di Skotlandia menemukan bukti dengan mengamati 42 dokter dan 78 perawat. Dokter dan perawat itu kerap membersihkan tangan dengan cairan antiseptik dan alkohol setelah merawat pasien.

KLIK INI:  Bagi yang Punya Balita, Ini Pedoman Pola Hidup dari WHO

Berkat metode yang dianjurkan WHO, mereka yang biasa mudah sakit meski rajin cuci tangan menggunakan cairan antiseptik, justru lebih jarang sakit.

Cara terbaik untuk membunuh kuman adalah dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Tapi, apakah sering mencuci tangan dengan sabun cukup efektif menghilangkan kuman dan bakteri di tangan?

Berikut panduan dari WHO, bagaimana cara mencuci tangan yang benar, sehingga kuman dan bakteri tersebut benar-benar mati.

# Gosok telapak tangan

Panduan dari WHO ini menyebutkan bahwa langkah pertama mencuci tangan yang benar adalah menggosok kedua telapak tangan. Tempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.

Pastikan sabun berbusa di kedua tangan hingga benar-benar bersih dengan baik.

# Gosok punggung tangan

Setelah menggosok telapak tangan, mulai langkah selanjutnya dengan menggosok kedua bagian punggung tangan.

Jangan asal menggosok, gunakanlah telapak tangan kanannya untuk menggosok punggung tangan kiri. Begitu pun sebaliknya.

Ulangi beberapa kali hingga kuman di area tersebut hilang.

# Gosok sela jari

Gosoklah sela-sela jari setelah menggosok punggung tangan. Caranya dengan menyilangkan jari tangan kanan dengan jari tangan kiri.

Pada langkah ini, jari tangan harus benar-benar bersih saat mencucinya. Karena bagian inilah yang sering kali terlupakan dan akhirnya menyimpan banyak bibit penyakit.

# Gosok bagian dalam jari

Selain sela jari, bagian dalam jari-jari juga harus digosok. Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.

Pastikan bagian dalam jari-jari ini digosok dengan bersih.

KLIK INI:  Benarkah Kesepian Bisa Sebabkan Kematian Dini?
# Bersihkan ibu jari

Setelah jari-jari lain bersih, saatnya membersihkan ibu jarinya. Gosok-gosok ibu jari tangan kirinya dengan memutarnya dalam genggaman tangan kanan.

Setelah bersih, lakukan pada tangan yang satunya.

# Bersihkan kuku

Selain jari, bagian kuku juga harus diperhatikan. Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari hingga saling bertemu.

Kemudian gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Setelah itu, lakukanlah pada tangan yang satunya. Jika sudah selesai, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih.

Lakukan selama 15-30 detik, lalu keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau bisa menggunakan hand sanitizer. Lakukan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

Mulailah lakukan cara cuci tangan yang benar sesuai anjuran WHO. Dengan begitu, penularan berbagai macam penyakit akibat kuman.

Untuk itu, mulai terapkan kebiasaan cuci tangan dengan cara yang benar. Kalau bukan sekarang, kapan lagi. Iya kan?

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa