Hati-Hati! Terlalu Sering Konsumsi Minuman Ini Bisa Picu Kanker

oleh -94 kali dilihat
Hati-Hati! Terlalu Sering Konsumsi Minuman Ini Bisa Picu Kanker
Ilustrasi kanker/Foto-png.pngtree

Klikhijau.com – Kanker terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali sehingga menyebabkan jaringan tubuh normal rusak.

Perubahan triliunan sel tubuh yang tersebar di setiap organ dan bagian bisa memicu munculnya sel kanker dan bisa muncul pada bagian tubuh mana pun. Sel tersebut akan memperbanyak diri hingga jumlah yang tak bisa dikendalikan lagi.

Ada beberapa faktor risiko yang membuat sel kanker berkembang dengan cepat. Salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan mengonsumsi minuman tertentu, makanan instan, makanan berlemak, dan minuman beralkohol.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minuman tertentu dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker di dalam tubuh, apalagi jika dikonsumsi terlalu sering.

KLIK INI:  Waspada! Polusi Cahaya Sebabkan Kanker dan Obesitas

Apa saja minuman tertentu yang bisa menjadi penyebab kanker yang dimaksud? Simak penjelasan berikut.

# Minuman panas

Minuman seperti teh atau kopi yang disajikan dalam kondisi panas memang sangat nikmat dikonsumsi. Pakar kesehatan menyarankan agar menunggu suhu air panas ini menurun hingga sekitar 65 derajat Celcius sebelum dikonsumsi.

Laporan baru-baru ini oleh Annals of Internal Medicine, telah mengaitkan minuman panas seperti teh atau kopi dengan kanker esophagus atau kanker kerongkongan, terutama jika dikombinasikan dengan merokok.

Jika masih terlalu panas, sebaiknya dinginkan terlebih dulu. Mengonsumsi air dalam kondisi hangat bisa menekan risiko untuk terkena kanker.

# Minuman energi

Banyak orang sering mengonsumsi minuman energi agar tubuh mendapatkan energi lebih banyak melakukan berbagai macam aktivitas yang berat.

Tanpa disadari, minuman ini akan menimbulkan kerusakan di dalam tubuh. Minuman yang terbuat dari gula, kafein, dan pewarna buatan ini dapat meningkatkan tekanan darah dan gula darah secara bersamaan.

Jika terlalu sering dikonsumsi akan meningkatkan tekanan darah tinggi, diabetes, masalah pada jantung, dan kanker.

Salah satu penyebab orang meninggal setelah terlalu banyak minum minuman energi, terutama diakibatkan oleh masalah jantung dan kejang. Apa pun yang melemahkan sistem di dalam tubuh, dapat memicu munculnya kanker.

KLIK INI:  Tentang Kafein dan Membuat Kopi Tanpa Kafein
# Air keran

Di luar negeri, terdapat air keran yang bisa langsung diminum. Namun, bukan berarti air keran bisa diminum dengan sembarangan meski sudah dipastikan aman dikonsumsi.

Ini disebabkan oleh adanya kemungkinan penggunaan bahan kimia demi mengatasi berbagai macam bakteri, kuman, dan virus di dalam kuman.

Selain itu, infrastruktur air keran yang mengalir ke rumah, misalnya pipa, mungkin saja sudah menua, sehingga berpotensi berkarat dan kotor.

Air keran sangat mungkin mengandung bahan kimia beracun yang digunakan untuk membersihkan kontaminan biologis berbahaya.

Salah satu bahan kimia yang dipakai demi membuat air bersih dari berbagai pathogen tersebut adalah klorin. Selain klorin, ada juga dibutil ftalat (DBP) yang 1.000 kali lebih beracun daripada klorin.

Jika terlalu sering dikonsumsi, bahan kimia tersebut juga berpotensi menyebabkan munculnya kanker.

# Kopi instan

Secara umum, kopi sangatlah baik bagi kesehatan. Namun jika memilih kopi instan yang memiliki banyak varian rasa, risiko terkena masalah kesehatan termasuk kanker akan meningkat.

Tambahan banyak sirup, cokelat, karamel, atau krim kocok ke minuman kopi hampir menghilangkan semua keuntungan yang dimiliki kopi.

Bahkan, ada banyak sekali bahan kimia lainnya seperti pengawet, pewarna, perasa, dan lain-lain. Paparan-paparan inilah yang berpotensi kurang baik bagi kesehatan.

KLIK INI:  Amankah Minum Kopi di Malam Hari? Ini Jawabannya