Hari Minggu Lalu, Pemuda Ara dan Lembanna Resmi Jaga Eksotis Apparalang

oleh -150 kali dilihat
Pantai Apparalang, Bulukumba/foto-Travelingyuk.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com- Setiap mengunjungi tempat wisata alam di daerah ini, ada hal klasik yang kerap ditemukan, yakni sampah. Entah dan bagaimana ia bisa sampai ke temapt wisata.

Namun, barangkali penyebabnya adalah kepedulian kita terhadap lingkungan yang masih minim. Sehingga kadang  seenaknya saja kita membuang sampah di sembarang tempat.

Semisal pada sebuah sempat saya mengunjungi pantai Mandala Ria, pantai yang berpasir putih, yang bertetangga dengan pantai Apparalang itu disesaki dengan sampah.

KLIK INI:  Dengan Bermodalkan Sampah, Pengunjung Bisa Bawa Pulang Oleh-Oleh dari Pantai Bira

Barangkali karena tak ingin bernasib sama dengan tetangganya—Pantai Mandala Ria, maka Yayasan Perintis Apparalang mengadakan koordinasi pembentukan Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan (PPL), Kegiatan ini sebagai upaya pengembangan destinasi wisata.

Pembina Yayasan Perintis Apparalang, Dr. H Amiruddin Rasyid mengatakan pertemuan koordinasi pembangunan dan pengembangaan kemitraan destinasi wisata khususnya dalam kelembagaan komunitas pemuda peduli lingkungan.

“Pembentukan komunitas ini sebagai upaya kita agar pemuda-pemuda Desa Ara dan Desa Lembanna sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, apalagi desa kita ini memiliki potensi wisata dan budaya yang luar biasa,” kata H. Amir, Minggu, 16 Juni 2019 lalu sebagaimana dimuat panrita.news.

Pembentukan komunitas pemuda tersebut untuk mengembangkan pariwisata Apparalang yang ramah lingkungan. Tentu dengan sebuah harapan yang sangat menarik, yakni agar pemuda selalu menjaga lingkungan.

Pada hari itu,  Koordinator Terpilih Komunitas PPL adalah Ahmad Sulfiadi. Ia mengatakan mengatakan siap untuk berperan aktif dalam mengembangkan kepariwisataan.

KLIK INI:  Dihuni Sampah, Pasir Putih Pantai Mandala Ria Terancam Jorok

“Menjaga destinasi wisata seperti menjaga kebersihan lingkungan dan penyediaan bank sampah akan dilakukan sebagai upaya menuju desa wisata,” terangnya.

Apa yang akan dilakukan oleh Ahmad patut dinantikan, demi melihat Apparalang yang bersih. Tak bisa dipungkuri Apparalang memang memiliki daya tarik tersendiri dari segi pemandangan alamnya.   Mengunjungi  Appralang  tak ubahnya mengunjungi tempat rahasia yang penuh kejutan keindahan.

Iya, Apparalang memiliki nuanasa yang berbeda dari wisata pantai di Bulukumba. Pengunjung dapat menikmati eksotis batu karang yang memanjang sepanjang pantai dari utara ke selatan di desa tersebut.

Apparalang adalah salah satu pantai yang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai tersebut terletak di bagian timur kota Bulukumba yang jaraknya sekitar 40 kilometer kearah timur dari kota tersebut.

KLIK INI:  Piknik di Pantai Berkubang Sampah