Dua Jempol, Suporter Jepang Bersihkan Sampah Stadion Qatar

oleh -7 kali dilihat
Dua Jempol, Suporter Jepang Bersihkan Sampah Stadion Qatar

Klikhijau.com – Aksi suporter timnas Jepang yang melakukan aksi bersih-bersih sampah di stadion curi perhatian penggemar sepak bola sejagad raya.

Aksi ini dilakukan usai upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 yang ditandai dengan laga perdana tuan rumah Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11).

Sejumlah media mengabadikan aksi tersebut dan kemudian menjadi viral di jagad maya. Ratusan komentar positif bermunculan sebagai bentuk apresiasi atas budaya suporter Jepang yang peduli kebersihan lingkungan.

Sejatinya, aksi keren tersebut bukanlah hal baru bagi suporter Jepang. Juga bagi, penonton sepak bola dunia. Sikap terpuji ini bahkan sudah dilakukan di tiap ajang Piala Dunia digelar, termasuk pada 2018 di Rusia.

KLIK INI:  Kolaborasi MTS, UPT TPA dan Klikhijau Siram Kolam Lindi TPA Tamangapa dengan EM4++

Namun tetap saja, aksi keren warga Jepang itu tetap curi perhatian. Terlebih karena aksi suporter Jepang melakukan aksinya meski yang bertanding bukanlah timnas negaranya.

Dari berbagai postingan terlihat bagaimana sampah berserakan di stadion antara lain sisa makanan dan kemasan sekali pakai. Para suporter tersebut melakukan aksinya dengan telaten hingga sisi tribun dibuatnya bersih.

Adapun sampah yang dipungut kemudian dikumpulkan dalam satu wadah.

“Seseorang meyakinkan saya bahwa ini hal yang lumrah,” kata Omar Farooq saat melihat fans timnas Jepang memungut sampah makanan seperti dikutip dari Talk Sport.

Aksi suporter Jepang ini tak hanya beroperasi di dalam stadion, mereka juga berpencar dan tersebar ke segala sisi stadion Al Bayt.

“Saya tidak pernah mengira ini nyata. Wow,” ujar Omar.

Seperti ramai di banyak pemberitaan media, Timnas Jepang sendiri terbilang memiliki budaya bersih yang tinggi. Mereka dikenal terbiasa aktif membersihkan ruangan sebelum meninggalkan ruang ganti.

Tak hanya mengumpulkan sampah, para pemain timnas Jepang juga terbiasa meninggalkan ruang ganti dengan kondisi mengilap.

“Sungguh sebuah contoh bagi semua tim,” cuit koordinator umum FIFA, Priscilla Janssens dalam sebuah kesempatan memuji aksi timnas Jepang di Piala Dunia.

Pujian juga dihaturkan penyiar radio Prambors pada siaran pagi Rabu (23/11/2022). Mereka mengatakan “Ini keren, semoga menginspirasi kita semua. Salut!” katanya.

Semoga aksi keren ini tertular pada kita semua, sebab sampahmu adalah tanggungjawabmu!

KLIK INI:  Sampah dan Mahasiswa