Disambangi Mahasiswa Jepang, Komunitas Tobonga Pamerkan Teater Pematang Sawah

oleh -404 kali dilihat
Disambangi-Mahasiswa-Jepang,-Komunitas-Tobonga-Pamerkan-Teater
Komunitas Tobonga/Foto-Ist

Klikhijau.com – Senyum lebar itu tumpah di sebuah pematang sawah, suatu sore yang ranum, Rabu 18 September 2019. Tepatnya di Desa Bonto Salama, Sinjai, Sulawesi Selatan.

Anak-anak dari komunitas Tobonga disambangi mahasiswa asal Jepang yang sedang melakukan program “summer school” di Sinjai.

Ini adalah hari kedua mereka berada di Sinjai. “Dan kami merasa beruntung dan bahagia dapat kunjungan dari mahasiswa asal Jepang,” kata Abidin Wakur (Pendiri komunitas Tobonga).

Mahasiswa asal Jepang tampak sumbringah. Mereka sangat menikmati riuh anak-anak desa yang bergabung di Komunitas Tobonga.

KLIK INI:  Berkonsep Bambu, Sikola Macca Menggoda untuk Dikunjungi

Seperti diketahui, komunitas Tobonga sangat intens menghidupkan teater dari pedalaman. Selama komunitas ini berdiri, berbagai prestasi telah diraihnya. Dari menjuarai kompetisi pertunjukan teater di tingkat kabupaten, Provinsi hingga tampil di kompetisi nasional.

Komunitas Tobonga sejauh ini telah memberi pengaruh kuat terhadap pendidikan karakter anak-anak di desa melalui teater.

Saat mahasiswa dari Universitas Kobe Jepang berkunjung, mereka sesungguhnya sedang latihan teater. Tetapi tanpa ragu, mereka menyuguhkan pertunjukan dan para mahasiswa Jepang menikmatinya.

“Kami sedang berlatih untuk persiapan Teater Pematang Sawah. Dan latihan itulah yang menjadi tontonan bagi mereka,” ungkap Abi.

Anak-anak komunitas juga bahagia atas kunjungan ini. “Kedatangan mereka sangat mengispirasi, memberi suntikan motivasi bagi kami yang bergelut di dunia teater dan jauh di pedalaman,” kata Abi.

Panjang umur Komunitas Tobonga yang menghidupkan teater dari pedalaman!

KLIK INI:  Kopi Topidi Masuk Top 10 COE Indonesia 2021