Dehidrasi Saat Bangun Pagi, Ini Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi

oleh -509 kali dilihat
Dehidrasi Saat Bangun Pagi, Ini Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi
Minuman sehat yang baik dikonsumsi saat bangun pagi/Foto-fimela.com

Klikhijau.com – Membiasakan minum air putih saat perut kosong atau saat bangun pagi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan pada tubuh. Banyak ahli yang menyarankan untuk minum air putih setiap pagi.

Saat bangun dari tidur di pagi hari, tubuh umumnya berada dalam kondisi dehidrasi. Hal tersebut disebabkan oleh hormon, gaya tidur, faktor gaya hidup atau penyakit yang mendasarinya.

Karena itu, minumlah air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Minum air putih saat perut kosong berhubungan erat dengan pencegahan dan penyembuhan sejumlah penyakit, dari jantung hingga kanker.

Selain air putih, ada beberapa minuman sehat yang baik diminum di pagi hari. Berikut penjelasannya!

KLIK INI:  Ternyata Tak Baik Minum Teh Sehabis Makan Bayam, Benarkah?
# Jus sayuran atau juas buah

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk minum jus buah atau sayuran. Mengapa? Karena jus mengandung banyak air dan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran, khususnya sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam terbukti bisa menambah energi. Sayuran mengandung zat besi yang membantu mengirimkan oksigen ke sel-sel dan melawan sumber kelelahan secara langsung.

Bukan hanya itu, jus sayuran atau buah juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Pisang, pepaya, apel atau wortel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk jus di pagi hari.

# Air lemon

Minum air lemon hangat bisa membersihkan saluran pencernaan dan menjaga sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan vitamin C di dalamnya juga meningkatkan sistem imun, menetralisir racun dalam tubuh, membantu mengurangi kerutan dan menurunkan berat badan.

Tambahkan perasan lemon atau jeruk lainnya ke dalam air putih setidaknya dua gelas di pagi hari. Ini bisa mengeluarkan racun, mengembalikan cairan, dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

# Teh hijau atau teh jahe

Ada beberapa manfaat kesehatan dari teh hijau yang dikenal sebagai sumber antioksidan. Penelitian menunjukkan, teh hijau juga dapat membantu membakar sumber lemak dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Jika Anda adalah orang yang memiliki perut sensitif, konsumsilah teh jahe untuk menghilangkan sakit perut. Selain itu manfaat lainnya dari meminum teh jahe di pagi hari, bisa meredakan masalah perut seperti mual, muntah, dan diare.

KLIK INI:  Sering Diabaikan, Makanan Ini Bisa Sebabkan Masalah Kulit
# Air kelapa

Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa juga membantu meningkatkan kekebalan, dan mempercepat metabolisme, serta membantu menurunkan berat badan .

Air kelapa kaya antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Rutin minum air kelapa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh).

# Jus lidah buaya

Jus lidah buaya membantu mengurangi peradangan lambung dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12.

Jus lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelit, perut kembung, irritable bowel syndrome (IBS), radang usus, hingga gangguan asam lambung (GERD).

Lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah dan meredakan gejala radang tenggorokan. Jus lidah buaya juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

# Jus tomat

Minum segelas jus tomat di pagi hari akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Jus tomat kaya akan vitamin A dan C, serta dapat menjadi minuman detoksifikasi yang baik.

Jus tomat juga dapat membuat tubuh terhidrasi dan memperlancar pencernaan.

KLIK INI:  Kabar Baik Jika Anda Suka Minum Jus Seledri! Begini Manfaatnya