Daun Binahong, Obat Berbagai Penyakit dan Efek Sampingnya

oleh -18,781 kali dilihat
Daun Binahong, Obat berbagai Penyakit dan Efek Sampingnya

Klikhijau.com – Kemarin, sebelum berangkat ke tempat wisata baru yang ada di Jeneponto, teman saya berjalan ke samping rumahnya memetik beberapa lembar daun. Saya lalu menanyakan nama daun yang baru saja ia masukkan ke dalam tasnya itu. Namanya binahong, satu nama yang asing di telinga saya.

Dalam perjalanan, saya kembali bertanya untuk apa daun itu. Ia menjawabnya singkat, “obat untuk ibu”. Karena ingin tahu, saya cari tahu saja dari internet. Begini yang saya baca dari banyak sumber.

Dikutip dari Wikipedia, binahong merupakan tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bernama latin Bassela rubra linn dan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

KLIK INI:  Pohon Tin, Pohon ‘Surga’ yang Memiliki Banyak Khasiat

Binahong mempunyai dua variasi dari daunnya. Ada daun binahong yang hijau gelap dan ada pula daun binahong yang berwarna merah. Kedua tanaman ini tumbuh merayap.

Dikutip dari Liputan6.com, binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea. Tetapi di Indonesia belum jelas asal usulnya, apakah dibawa oleh pedagang Tiongkok atau orang Korea. Yang jelas, saat ini telah banyak masyarakat yang mulai menanam binahong sebagai tanaman hias atau tanaman obat.

Daun binahong dikenal sangat efektif untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit karena zat yang dikandungnya. Binahong memiliki banyak kandungan seperti antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein.

Bagian apa saja dari tanaman binahong yang bisa dijadikan obat? Yang paling sering diolah menjadi obat adalah daunnya.

Apa saja manfaatnya?

Khasiat dari tanaman ini seperti dikutip dari Wikipedia adalah mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus, melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah. Binahong juga dapat mencegah stroke, tumor, rematik, flu tulang dan sakit persendian.

Manfaat lainnya dapat menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, mengobati wasir (ambeien), diabetes, sariawan berat, pusing-pusing, sakit perut, mimisan, gatal-gatal, maag, asam urat, serta melancarkan buang air kecil dan buang air besar.

Dikutip dari IDN Times, kаndungаn аntiоksidаn yаng sаngаt tinggi раdа daun binahong bisа mеmbаntu sеsеоrаng dаlаm mеlаwаn keganasan kаnkеr. Untuk paru-paru, meminum air rebusan daun binahong dapat mеncеgаh kеrusаkаn раru-раru.

KLIK INI:  Apa Saja Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan? Klik Ini!

Jika memiliki jеrаwаt, beberapa lеmbаr daun binahong yang ditumbuk hinggа hаlus mampu menghilangkan jerawat.

Manfaat lain sepert dilansir dari Detik.com, mengonsumsi daun binahong sangat baik untuk jantung. Kandungan saponin pada binahong mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan penyebab serangan jantung.

Ambil beberapa helai daunnya kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau madu agar terasa lebih enak. Konsumsilah ramuan ini sebanyak dua kali sehari.

Apa efek sampingnya?

Meskipun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi daun binahong juga memilik efek samping. Beberapa efek samping yang akan timbul dikutip dari Liputan6.com adalah denyut jantung tidak teratur, pusing, gelisah, insomnia dan sakit kepala.

Karenanya, jangan konsumsi binahong dengan stimulan lain seperti kafein sebab dapat meningkatkan dampak efek sampingnya. Daun binahong juga tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat resep dokter.

Dikutip dari doktersehat.com, jika hendak mengonsumsi daun binahong, tiga point ini harus diperhatikan.

  1. Daun binahong tidak cocok untuk ibu hamil.
  2. Binahong dilarang dikonsumsi bersamaan zat stimulan. Makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat stimulin seperti kopi dan teh.
  3. Jangan dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kamu terkena stroke, hipertensi, bahkan kematian.

Nah, itulah manfaat dan efek samping daun binahong. Jangan digunakan berlebihan ya, agar terhindar dari bahaya efek sampingnya.

KLIK INI:  Murah dan Efektif, Ini Khasiat Ajaib Daun Jambu Biji