Cuci Piring Bisa Hilangkan Stres dan Perbaiki Mood, Benarkah?

oleh -435 kali dilihat
Cuci Piring Bisa Hilangkan Stres dan Perbaiki Mood, Benarkah?
Ilustrasi cuci piring/foto-ist
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Piring kotor biasanya saya biarkan saja menumpuk di tempat pencucian. Rasa malas menjadi penyebab utamanya sehingga demikian, piring kotor menumpuk

Mencuci piring  kotor sebenarnya adalah pekerjaan ringan, namun rasa malas menyebabkannya menjadi terasa berat. Apalagi jika masih ada piring bersih yang bisa digunakan.

Ke depannya, saya menduga penggunaan piring dan cuci piring di rumah, khususnya di kota akan tergerus oleh makanan cepat saji yang bisa dipesan online melalui berbagai aplikasi

Makanan yang dipesan lengkap dengan kemasan yang bisa dipakai langsung makan. Jika ini terjadi, akan ada obat ampuh mengatasi stres yang hilang.

Sebab sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mindfulness, melaporkan bahwa cuci piring adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan dapat meningkatkan kesehatan mental.

KLIK INI:  10 Manfaat Joging: Dari Mengurangi Stres Hingga Merawat Gairah Seksual

“Kami berhipotesis bahwa, relatif terhadap kondisi kontrol. Penelitian kami meliputi intruksi kepada sejumlah relawan untuk cuci piring . Hasilnya cukup menakjubkan,” ujar peneliti dalam sebuah studi di Universitas Florida, seperti  yang ditulis Yunita, Selasa 10 September 2019 di okezone.com

Aktivitas cuci piring berdasarkan pengamatan para peneliti bahwa peringkat saraf menurun 27%, pada pencuci piring yang sadar, sementara inspirasi mental meningkat 25%.

Memperbaiki pemikiran buruk

Kedua perubahan itu signifikan secara statistik dan mencerminkan pergeseran pengalaman yang substansial, kata para peneliti.
Salah satunya memperbaiki mood dan menjauhkan seseorang dari pemikiran buruk.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti telah meneliti 51 mahasiswa pencuci piring. Peneliti menemukan mencuci piring bisa menjadi salah satu terapi untuk menghilangkan stres dan beban pikiran.

KLIK INI:  Aroma 6 Bunga Ini Mampu Hilangkan Stres, Benarkah?

“Dengan cara tertentu, mencuci piring bisa dijadikan cara mudah untuk terapi menghilangkan stres,” papar peneliti Adam Hanley.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mencuci piring dengan penuh perhatian, penghayatan dan konsentrasi hingga bisa fokus dalam mencium aroma dari sabun cuci, merasakan temperatur air serta menyentuh piring kotor, berhasil meningkatkan perasaan mereka hingga 25 persen serta bisa menurunkan rasa tegang mereka hingga 27 persen.

Nah, jadi jika kamu merasa stres cobalah menuju tempat pencucian piring lalu cucilah piring-piring kotormu. Saya pun akan melakukan hal serupa, mencoba tak membiarkan piring kotor bertumpuk menunggu dicuci.

KLIK INI:  Apa Itu Keberlanjutan atau Sustainability?