Cara Keren Anak-Anak Muda Gorontalo Ajak Warga Tanam Sejuta Pohon

oleh -180 kali dilihat
Anak-anak muda di Gorontalo melakukan aksi menanam pohon. Foto: Ist

Klikhijau – Memperingati hari Gerakan Sejuta Pohon yang dilaksanakan pada Jumat 10 Januari 2020, puluhan anak-anak muda di Gorontalo menanam pohon. Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Lomaya Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.

Kegiatan yang diinisiasi oleh sebuah komunitas  bernama Ikatan Nou-Uti Provinsi Gorontalo ini juga melibatkan berbagai pihak dari kalangan generasi muda. Kegiatan ini di suport pula oleh Kepala BPDASHL Bone Bolango Provinsi Gorontalo, M. Tahir dengan menyiapkan bibit pohon siap di tanam.

Melalui aksi menanam pohon, diharapkan dapat meningkatkan gairah dan semangat masyarakat luas untuk menanam dan pelihara pohon. Hanya dengan itu, harapan untuk memulihkan lahan dan peningkatan kualiatas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan

“Tetapi, yang paling penting adalah kita memberikan edukasi terhadap generasi muda untuk lebih peduli akan kelestarian dan fungsi lingkungan hidup,” jelas M. Bakri Nongko Kepala Seksi Program DASHL BPDASHL Bone Bolango.

Jenis pohon yang  ditanam yakni jenis pohon ekaliptus, pohon sirsak, pohon johar,  pohon gamelina, pohon durian. Penanaman dipusatkan pada daerah bantaran sungai Lomaya.

KLIK INI:  Gakkum KLHK Tindak Tegas Pelaku Perusak Kawasan Cagar Alam Panua Gorontalo

Unsur peserta yang hadir dalam kegiatan ini antara lain dari Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo,  BPDASHL Bone Bolango Provinsi Gorontali, Camat Bulango Utara, Kades Lomaya, Pramuka Purna Pertikawan 2019, siswa-siswi SDN 05 Bulango Utara, DKC Pramuka Kota Gorontalo, Duta Genre Gorontalo, Duta Papelingasih dan masyarakat desa Lomayo.

“Saatnya kaum milinial memberikan karya nyatanya dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup untuk generasi kini dan akan datang. Kegiatan ini menarik karena hadir semua kalangan pemuda dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda,” kata Bakri Nongko.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Wisata, Ivone Larekeng, menyampaikan apreasinya terhadap Ikatan Nou-Uti Provinsi Gorontalo atas terselenggaranya kegiatan penanaman pohon ini.

Pihaknya berharap,  kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin apalagi Nou-Uti ini adalah Duta Pariwisata Provinsi Gorontalo yang mana Pariwisata bisa maju dan berkembang jika kelestarian dan fungsi lingkungan hidup terjaga dengan baik.

KLIK INI:  Cara Unik Warga Kelurahan Dorotangga NTB Lawan Penyebaran Covid-19