Bunga Telang, Cantik Menawan dan Sederet Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan

oleh -1,430 kali dilihat
Bunga Telang, Cantik Menawan dan Sederet Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan
Bunga telang/foto-wanita.me
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Beberapa hari lalu, seorang netizen mengapload sebuah foto menawan, kembang telang. Netizen itu menulis sebuah catatan berikut: dapat bunga telang/ di pagaran kebun mangga/ sama biji-bijinya/ tapi kemarin ada yang posting/ katanya berbahaya/ apa yang harus saya lakukan?/ Buat teh entar saat buka/atau dibuang?

Saya dibuat penasaran dengan kalimatnya, sembari berdiskusi langsung dengannya, saya pun mencari tahu manfaat apa di balik bunga memukau itu.

Warnanya biru terang, dapat membuat tampilan pekarangan rumah menjadi bertambah cantik. Faktanya, selain berguna untuk kesehatan, di berbagai tempat Asia Tenggara, bunga ini dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue.

Kembang telang memiliki beberapa senyawa kimia seperti fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur,dan ca-oksalat.

KLIK INI:  Manfaat Buah Ciplukan, dari Masalah Mulut hingga Tangkal Kanker

Pada bagian daunnya ada lagi kandungan senyawa seperti kaemferol 3-glukoside dan triterperroide. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kembang telang, berikut ulasannya:

  • Bersifat Diuretik

Kandungan senyawa kembang telang mempunyai kemampuan untuk melancarkan air seni. Caranya mudah, rebus 0,3 g akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Pembasmi Racun

Teh herbal yang terbuat dari kembang telang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2, hingga 3 kuntum dengan air panas, biarkan +/- 10 menit. Ramuan tersebut sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, kita bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya.

KLIK INI:  Beri Makanan Ini Jika Ingin Memiliki Buah hati yang Cerdas!
  • Melancarkan Haid

Ramuan herbal dengan manfaat bunga telang juga dipercaya mampu mengobati gangguan infertilitas, maupun masalah haid yang tidak lancar. Darah yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti timbulnya bisul.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan akar dari kembang telang putih yang direbus lalu meminumnya secara rutin. Ramuan ini dipercaya mampu untuk mencuci darah.

  • Mengobati Penyakit Kulit Seperti Bisul Juga Jerawat

Timbulnya bisul (abses) pada bagian tubuh dapat kita atasi salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang telang biru yang ditumbuk bersama dengan gula jawa. Gunakanlah hasil tumbukan tersebut sebagai obat balur pada daerah yang terkena bisul.

Lakukan hingga bisul sembuh. Sedangkan untuk mengobati jerawat, haluskan daun, akar atau bunga serta lalu berikanlah pada area jerawat yang mau diobati.

  • Pembersih Mata dan Menyembuhkan Mata Merah

Manfaat kembang telang telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat sebagai obat untuk gangguan penglihatan, seperti mata merah atau sakit mata lainnya. Selain itu, khasiat dari kembang ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah.

Caranya dengan mencampurkan 5 bunga telang dengan 50ml air. Proses tersebut akan menciptakan air berwarna biru yang kental. Setelah itu, saringlah air tersebut agar terhindar dari pecahan-pecahan bunga yang terendam.

Barulah setelahnya, kita dapat menggunakan perasan air yang telah disaring sebagai obat tetes mata.

KLIK INI:  Tentang Kecombrang dan 10 Manfaat Istimewanya, Poin Terakhir Menakjubkan!
  • Menghitamkan dan menguatkan rambut

Selain itu, kembang telang juga berkhasiat untuk memperkuat serta menghitamkan rambut kamu loh girls. Cara tersebut dapat diakukan lewat langkah menghaluskan bunga serta dipakai untuk pengganti shampo.

  • Mengobati Sakit Telinga

Untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada bagian telinga, kamu bisa memanfaatkan daun dari tamanan ini. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helai daun telang dengan dicampurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit. Lakukan hal tersebut secara teratur.

  • Mengobati Bronchitis

Bronchitis atau peradangan pada saluran pernafasan bisa kita atasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari akar tanaman telang. Caranya adalah dengan merebus +/- 30 hingga 60 gram akar telang dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga kadar air tersebut tinggal separuhnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.

Itulah 8 manfaat yang terkandung dalam kembang telang. Adakah khasiat lain yang kamu ketahui? Berikan komentar di kolom komen ya!

KLIK INI:  7 Tanaman Herbal yang Identik dengan Persalinan dan Ibu Hamil, Ada Kemangi!