Bingung Bagaimana Membedakan Antara Ngantuk dan Kelelahan, Ini Caranya!

oleh -235 kali dilihat
Bingung Bagaimana Membedakan Antara Ngantuk dan Kelelahan, Ini Caranya!
Ilustrasi kelelahan/foto-Inggris Online
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Jujur saja, saya termasuk orang yang kadang sulit membedakan antara ngantuk dan kelelahan. Sebab ketika saya ngantuk, rasa lelah pun akan menyerang. Dan anehnya ketika lelah rasa kantuk pun menyergap.

Rasanya ngantuk dan kelelahan  sulit terpisahkan dan dipisahkan. Pun sangat sulit membedakan dua perihal itu. Namun bukan berarti tidak bisa

Ngantuk dan   kelelahan seharusnya menjadi hal yang penting untuk diketahui, sehingga kita bisa menentukan apakah perlu tidur atau cukup beristirahat saja.

KLIK INI:  Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan

Rasanya sangat penting untuk tahu perbedaan keduanya. Bagaimana caranya, berikut caranya menurut ulasan dari Rizky Wahyu Permana:

Ngantuk

Ngantuk, berasal dari kata kantuk, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) adalah rasa hendak tidur. Jadi, ketika mengantuk, seseorang akan kehilangan fokus pada inderanya sehingga ingin segera memejamkan mata. Rasa ngantuk ini bakal bertambah parah seiring waktu ketika terbangun.

Munculnya rasa ngantuk ini, disebabkan karena menumpuknya kandungan kimia di dalam otak yang bernama adenosin. Terjadinya hal ini merupakan sinyal yang ada di dalam otak bahwa kita butuh tidur.

Ketika adenosin di dalam tubuh semakin bertumpuk, maka rasa ngantuk akan semakin dahsyat. Rasa kantuk ini hanya bisa diatasi dengan tidur. Ketika kamu tidur dalam jumlah cukup, maka tubuhmu akan merasa segar dan rasa ngantuk juga bakal hilang.

KLIK INI:  Kelelahan Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?
Kelelahan

Kelelahan berasalah dari kata lela. Dalam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) lelah berarti penat, letih, dan tidak bertenaga.

Ketika kelelahan, maka hal ini bakal sangat terasa pada otot dan tulang, tangan dan kaki yang terasa berat seperti usai berolahraga keras. Hal ini menyebabkan kamu tidak bisa mengeluarkan energi sesuai kebutuhanmu sehingga terdapat tekanan pada mental juga.

Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti anemia, hipotiroid, bahkan hingga kanker. Bahkan hal ini bisa menjadi sindrom kelelahan kronis.

Ketika kelelahan, tidur tidak akan menghilangkan masalah ini pada dirimu. Bahkan ketika menyandarkan diri atau tiduran, mereka juga tidak akan tertidur dengan mudah.

Setelah saya membaca ulasan tersebut, saya mulai mencoba membedakan antara ngantuk dan lelah pada yang melanda tubuh saya.

KLIK INI:  Air Tebu dan Air Gula, Ini 4 Perbedaan Kandungannya