Balai Gakkum LHK Terima Cakrawana, Senjata Teranyar Pindad

oleh -941 kali dilihat
Balai Gakkum LHK Terima Cakrawana, Senjata Teranyar Pindad
Penyerahan senjata teranyar Pindad
Irhyl R Makkatutu

Sulsel, Klikhijau.com – Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi yang beralamat di lantai 3 Gedung-P3E Suma lantai  Rahmat Witoelar menerima peralatan senjata api dari Direktorat Jenderal Penegakan Hukum KLHK.

Di mana persenjataan tersebut diperuntukkan bagi personil Polisi Hutan (Polhut) dan Penyelidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) KLHK. Senin, 4 Maret 2019.

Serah terima senjata api ini disaksikan oleh Dody Kurniawan selaku Kepala Balai Gakkum Sulawesi baru. Kepala Balai Gakkum Jawa Balinusra, Ir. Muhammad Nur yang sebelumnya menjabat Kepala Balai Gakkum LHK Sulawesi dan  Kepala Tata Usaha Gakkum LHK, Ahmad Yusuf Arief  serta perwakilan Mabes Polri.

Cakrawana merupakan produk teranyar dari Pindad, di mana KLHK merupakan kementerian/lembaga legara yang berkesempatan memiliki PM 3-A1 series. Dan Balai Gakkum Wilayah Sulawesi pertama yang memiliki senjata tersebut.

KLIK INI:  11 Kontainer Kayu Ilegal Senilai 3,5 Milyar Disita Gakkum KLHK di Lombok Timur

Jenis senjata yang diserahterimakan terdiri dari peralatan senjata api buatan Pindad. Terdiri dari pistol jenis P-3A kaliber 32 mm sebanyak 1 unit. Senapan PM3-A1 Cakrawana 9x21mm sebanyak 20 unit, serta Magazen P-3A sebanyak 2 unit.

Magazen PM3-A1 Cakrawana 9x21mm sebanyak 3 unit berpucuk serta amunisi Pindad  32 ACP sebanyak 150 butir. Amunisi Pindad  MU9-TJ 9x21mm sebanyak 600 butir bersama sikat pembersih senjata dan tabung oli sebanyak 20 buah serta Buku Pemilikan Senjata Api (BPSA).

Di mana sebelumnya jenis PM 1 A-1 juga digunakan oleh Polhut LHK seluruh Indonesia juga merupakan buatan Pindad.

Untuk kali ini Gakum LHK Sulawesi berkesempatan menggunakan Cakrawana atau PM 3-A1 untuk menjaga keamanan kawasan hutan dari tangan-tangan oknum yang tidak bertanggung jawab.

KLIK INI:  Gakkum LHK Bersama Lantamal VI Amankan Kayu Ilegal Sebanyak 57 Kontainer dari Papua di Makassar