Apa yang Diperoleh Jika Rutin Konsumsi Wortel? Klik Ini!

oleh -820 kali dilihat
Apa yang Diperoleh Jika Rutin Konsumsi Wortel? Klik Ini!
Wortel/Foto-google

Klikhijau.com – Jika Anda peyuka sayuran, maka wortel bisa jadi makanan favorit Anda karena manfaat dari konsumsi wortel untuk tubuh cukup penting.

Wortel kaya dengan kandungan vitamin A. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B, vitamin C, kalium, rendah kalori, serat, antioksidan dan banyak lagi. Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Konsumsi wortel bisa menjaga kesehatan mata bahkan bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kecantikan kulit.

Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari.

KLIK INI:  Kabar Baik Jika Anda Suka Minum Jus Seledri! Begini Manfaatnya
# Meningkatkan penglihatan

Satu wortel besar dapat menyediakan 200% lebih dari target harian untuk vitamin A.

Nutrisi penting sebagai antioksidan pelindung sel ini mendukung kesehatan paru-paru dan kulit. Juga terbukti melindungi tubuh terhadap penurunan kognitif.

Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ada pada wortel meningkatkan kesehatan mata. Dua senyawa alami melindungi retina dan lensa.

Wanita yang makan lebih dari dua porsi wortel per minggu, memiliki risiko terkena glukoma 64% lebih rendah dibanding yang makan kurang dari satu porsi. Begitu temuan peneliti yang diterbitkan dalam American Journal of Opthalmology yang di kutip dari laman Health.com.

# Menyeimbangkan gula darah

Serat larut dalam wortel telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, dan mendukung kesehatan pencernaan.

Wortel mentah atau sedikit dimasak juga rendah pada indeks glikemik, yang membantu mereka menyediakan pasokan energi yang stabil.

# Menurunkan kolesterol

Wortel merupakan sumber kalium yang baik. Biasanya, orang yang melakukan diet rendah kolesterol makanan yang dikonsumsi tinggi akan potasium.

Oleh karena itu, rutin mengonsumsi jus wortel mampu membantu Anda menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang rendah mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Membuat sendiri ramuan jus wortel di rumah sangat disarankan dibandingkan dengan membelinya di luar. Selain lebih sehat dan higienis, Anda juga bisa mengkreasikan sendiri jus wortel sesuai selera.

#Menjaga berat badan

Selain menyediakan serat wortel, mereka penuh air. (Wortel sebenarnya adalah 88% air.) Kombinasi ini meningkatkan kepenuhan.

Terlebih lagi, wortel rendah kalori. Satu cangkir cincang mengandung hanya 52 kalori. Secangkir wortel mentah yang diiris sebagai pengganti 10 keripik menghemat 80 kalori dan meningkatkan total serat dan nutrisi.

Penelitian menunjukkan serat larut dalam wortel dapat mengekang lemak perut juga.

# Menurunkan risiko kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam wortel telah dikaitkan dengan pengurangan risiko beberapa kanker, termasuk paru-paru, kolorektal, prostat, dan leukemia.

Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dengan asupan tinggi jenis yang disebut antioksidan karotenoid memiliki risiko 21% lebih rendah terkena kanker paru-paru.

KLIK INI:  Waspadai Bahaya Pestisida Buah dan Sayuran! Ini Tipsnya Agar Bersih
# Membantu kontrol tekanan darah

Kalium dalam wortel memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah.

Mineral ini menyeimbangkan kadar natrium, dan membantu menyapu kelebihan natrium dan cairan dari tubuh, yang menghilangkan tekanan jantung.

Ini juga menjadikan wortel pilihan yang baik jika Anda ingin menghilangkan lemak setelah mengonsumsi terlalu banyak makanan asin.

# Mengurangi risiko penyakit jantung

Satu studi dari Belanda mengamati sejauh mana kelompok warna buah dan sayuran berkontribusi terhadap perlindungan jantung.

Para peneliti menemukan bahwa setiap peningkatan 25 gram per hari dalam asupan produk oranye dalam berhubungan terbalik dengan penyakit jantung.

Wortel, khususnya, dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 32% lebih rendah.

# Kekebalan tubuh

Vitamin C dalam wortel sangat penting untuk mendukung dan menyembuhkan kekebalan tubuh.

Vitamin A sayuran juga mendukung sistem kekebalan tubuh, dan memainkan peran penting dalam membentuk dan melindungi selaput lendir, yang bertindak sebagai penghalang untuk mencegah kuman keluar dari tubuh.

# Nutrisi untuk otak dan hati

Senyawa alami dalam wortel telah terbukti bertindak sebagai anti-inflamasi, untuk mendukung kesehatan otak dan hati.

Wortel juga menyediakan vitamin K penunjang tulang dalam jumlah yang lebih kecil, serta vitamin B, yang membantu produksi energi.

Untuk rangkaian antioksidan yang lebih luas, konsumsi wortel dalam berbagai warna, termasuk ungu dan merah.

KLIK INI:  Mudah Sakit karena Sistem Imun Menurun? Mungkin Ini Sebabnya!
# Meningkatkan metabolisme

Jus wortel mampu meningkatkan sekresi empedu yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan mengonsumsi jus wortel bisa meningkatkan level energi dan metabolisme.

Ini karena manfaat vitamin B di dalam wortel yang memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh kita.

Di samping itu, jus wortel juga termasuk minuman rendah kalori yang mengenyangkan. Sehingga, bisa menjadi alternatif bagi Anda yang berada dalam program diet.

# Menyembuhkan luka

Wortel memiliki kandungan beta karoten tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A.

Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka.

Vitamin A bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan jus wortel sebagai masker dan rasakan manfaat wortel.

# Antiradang

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang.

Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

# Menjaga kesehatan mulut

Selain untuk mata, manfaat wortel juga berguna untuk kesehatan mulut.

Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

***

Itulah manfaat yang diperoleh jika rutin konsumsi wortel. Selamat mencoba!

KLIK INI:  Begini Dampak Buruk Macet Bagi Kesehatan