Anda Mudah Diserang Penyakit Kulit? Ini Jenis dan Penyebabnya!

oleh -2,831 kali dilihat
Anda Mudah Diserang Penyakit Kulit? Ini Jenis dan Penyebabnya!
Ilustrasi penyakit kulit/Foto-Instagram

Klikhijau.com – Indonesia sebagai salah satu negara beriklim tropis, penyakit kulit masih sangat umum ditemukan. Berbagai macam penyakit ini bisa menjadi lebih berbahaya.

Penyebabnya dikarenakan oleh bakteri, virus, jamur, suhu, lingkungan, atau bahkan dari kebersihan diri sendiri.

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang menerima berbagai paparan sehingga mudah mengalami gangguan. Dapat berupa gangguan ringan ataupun berbahaya hingga berpotensi kematian.

Cuaca panas dan kering dapat membuat siapa saja rentan terkena penyakit, termasuk penyakit kulit. Ada banyak jenis penyakit kulit yang sering diderita oleh banyak orang.

Berikut berbagai jenis penyakit kulit yang banyak ditemukan di masyarakat. Kenali agar bisa terhindar darinya.

KLIK INI:  Masih Kecil Sudah Diserang Mag? 5 Hal Ini Pemicunya!
Jerawat

Pasti tahu kan penyakit kulit yang satu ini. Jerawat biasanya menyerang bagian kulit wajah.

Bukan hanya wajah, jerawat juga bisa saja terjadi pada bagian tertentu karena masalah pada kelenjar minyak kulit. Kelenjar kulit yang tersumbat akan membuat timbulnya jerawat.

Sedangkan faktor lain yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah perubahan hormonal, stres, dan kebersihan yang kurang terjaga.

Bisul

Bisul adalah infeksi kulit yang muncul ketika folikel rambut atau kelenjar minyak terinfeksi. Biasanya, yang menjadi penyebab bisul adalah bakteri staphylococcus aureus.

Bakteri ini masuk ke tubuh melalui luka kecil di kulit hingga akhirnya masuk ke kelenjar minyak. Area tubuh yang paling sering diserang bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, dan bokong.

Tanda dan gejala saat terserang bisul biasanya ada benjolan merah yang keras dan sakit. Seiring waktu, benjolan itu lebih lunak, membesar, dan semakin sakit.

Permukaan bisul berwarna putih kekuningan karena munculnya nanah di bagian atasnya.

Penyakit ini bisa menular melalui kontak kulit ke kulit ketika pecah dan cairannya keluar. Selain bisa menyebar ke orang lain yang menyentuh cairannya, memencet bisul juga bisa menyebabkan komplikasi serius.

Nah, untuk menghindarinya, jagalah kebersihan diri serta lingkungan, dan konsumsi gizi yang seimbang.

KLIK INI:  Wow, Ternyata Melihat Pria Tampan Bisa Sehatkan Otak
Kudis

Penyakit kulit yang satu ini disebabkan oleh parasit tungau, yang biasanya sering diderita oleh orang yang tinggal ditempat kumuh.

Selain itu, orang yang tidak menjaga kebersihan tubuhnya juga dapat terserang penyakit kudis.

Biasanya, kudis dimulai dengan rasa gatal pada sela jari kaki, tangan, bawah ketiak, alat kelamin, pinggang, dan sebagainya. Rasa gatal akan semakin terasa pada saat malam hari.

Pada orang yang pernah terkena kudis, infeksi muncul hanya dalam waktu 1-4 hari saja setelah gigitan. Namun, untuk orang yang baru pertama kali biasanya gejala muncul 2 sampai 6 minggu setelah terinfeksi.

Gejala kudis ditandai adanya ruam di sekitar lipatan kulit yang membentuk garis seperti terowongan. Timbul kerak tebal di kulit yang muncul ketika jumlah tungau di kulit mencapai ribuan.

Kurap

Jenis penyakit kulit yang juga begitu sering menyerang adalah kurap. Kurap disebabkan oleh jamur.

Gejalanya mudah dikenali, yaitu timbul lingkaran-lingkaran yang bersisik, bercak putih, lembap, dan disertai rasa gatal.

Jenis penyakit kulit ini timbul dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang sering diserang kurap, yakni tengkuk, leher, serta kulit kepala.

Penyakit ini dapat dengan mudah menyebar melalui kontak kulit ke kulit baik dari manusia maupun hewan.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mencuci tangan apalagi setelah memegang hewan dan bersentuhan dengan fasilitas umum.

Panu

Panu merupakan penyakit yang muncul ketika jamur di kulit tumbuh di luar kendali. Penyakit ini termasuk yang paling sering muncul di negara tropis, termasuk Indonesia.

Panu disebut juga tinea versicolor. Gejalanya ditandai dengan munculnya bercak pada kulit.

Bercak panu biasanya memiliki tanda seperti berwarna lebih terang atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya, bisa muncul di bagian tubuh mana pun, dan terasa sangat gatal.

KLIK INI:  Ingin Menjaga Kesehatan Paru-Paru Anda? Klik Ini!
Kutil

Kutil termasuk penyakit kulit yang muncul akibat virus. Virus membuat kutil mengalami pertumbuhan kulit berlebih yang menginfeksi lapisan atas kulit dan membuat pertumbuhannya menjadi sangat cepat.

Penyakit ini kebanyakan disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil paling sering muncul di jari, sekitar kuku, dan punggung tangan.

Selain itu, biasanya juga muncul benjolan terasa seperti gundukan kulit yang kasar dan memiliki titik-titik hitam di atas permukaannya.

Eksim

Tanda-tanda utama yang dirasakan orang yang terserang penyakit kulit eksim, yaitu rasa gatal berlebih pada kulit dibarengi dengan kulit memerah, bersisik serta pecah-pecah.

Timbulnya gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah.

Tangan, kaki, lipatan paha serta telinga adalah bagian tubuh yang sangat berisiko terkena eksim.

Penyakit kulit ini disebabkan karena alergi pada rangsangan zat kimia spesifik seperti detergen, sabun, obat-obatan serta kosmetik.

Kepekaan pada tipe makanan spesifik seperti udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin (msg), dan sebagainya.

Eksim juga bisa dikarenakan alergi serbuk sari tanaman, debu, iklim, hingga masalah emosi. Sering kali menyerang orang-orang yang memiliki kecenderungan alergi.

Kutu air

Penyebab munculnya kutu air yaitu infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan biasanya menyerang sela-sela jari kaki. Infeksi ini kerap muncul pada orang yang kakinya sering berkeringat atau terus lembap.

Tinea pedis adalah nama lain dari penyakit ini. Biasanya memunculkan gejala seperti rasa gatal, terbakar, dan menyengat di antara sela jari kaki. Kulit kering dan bersisik di antara jari kaki dan menyebar ke telapak hingga samping kaki.

Kulit mengelupas dan lepuhan kulit yang pecah hingga berdarah. Bercak merah tebal pada kulit yang bersisik dan area yang terinfeksi berbau tidak sedap.

KLIK INI:  4 Manfaat Rumput Fatimah dan Bahayanya Untuk Ibu Hamil