Agar Tidak Bablas, Ini Sederet Cara Bijak Menggunakan Air

oleh -98 kali dilihat
Warga Sentul City Menangkan Gugatan Hak Atas Air
Ilustrasi air - Foto/Environment and energy center

Klikhijau.com – Air telah menjadi kebutuhan maha penting bagi makhluk hidup. Karenanya tidak mengherankan jika setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Sedunia.

Tujuan peringatan itu untuk menyadarkan kita agar lebih bijak menggunakan air dan menjaganya agar tetap lestari.

Air adalah sesuatu yang cukup ajaib, khususnya air putih. Sebab hingga detik ini belum ditemukan  ada orang atau satwa yang alergi terhadap air putih, baik untuk diminum maupun digunakan untuk mandi.

Hal itu membuktikan kebenaran “air membawa kehidupan. Karenanya sudah seharusnya kita lebih bijak dalam menggunakannya agar tidak terbuang begitu saja.

Berikut beberapa langkah taktis yang bisa ditempuh agar kita lebih bijak dalam menggunakan air, yaitu:

  • Menggunakan air daur ulang

Air daur ulang yang dimaksud adalah air sisa atau bekas yang telah digunakan. Dalam hal ini pun Anda bisa menggunakan air hujan. Caranya tampung air hujan dalam satu penampungan sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain, semisal menyiram toilet, tanaman, bahkan mencuci kendaraan.

Dengan menggunakan air daur ulang ini, maka air bersih untuk kebutuhan minum dan memasak tidak terganggu.

  • Mematikan keran

Keran terkadang lupa kita matikan padahal wadah penampungan telah penuh. Hal ini perlu perhatian khusus agar membiasakan diri mematikan keran setelah menggunakannya.

Karena jika tidak dimatikan, maka air akan terus mengalir dan hal itu bisa menjadi penggunaan air semakin boros.

  • Menggunakan keran dengan air kecil

Terkadang ketika kita memutar keran untuk mengambil air, cara kita memutarnya full sehingga air yang keluar sangat banyak. Padahal jika ingin menghemat air maka sebaiknya menggunakan keran dengan air yang kecil.

Ini bisa diterapkan dalam berbagai kepentingan, misalnya berwudhu atau sekadar cuci muka.

  • Menggunakan satu gelas untuk sikat gigi

Apakah cukup satu gelas air saja saat sikat gigi? Sebenarnya penggunaan satu gelas air untuk sikat gigi sangat cukup.

Karena penggunaan air saat sikat gigi sangat besar. Ada sebuah penelitian menunjukkan, rata-rata air yang terbuang saat seseorang menyikat gigi, apalagi  sambil menyalakan keran air yaitu sebesar 18,92 liter.

Penggunaan itu  hampir mencapai 30 liter air perhari. Itu setara dengan asupan air harian 12 orang dewasa.

Jika ragu dengan ini, bisa dipraktikkan langsung, hmmm…

  • Hemat air saat mandi

Banyak di antara kita yang menggunakan air berlebihan saat mandi. Padahal bisa tidak demikian, kita bisa menghematnya saat mandi.

Caranya bisa hanya dua langkah. Langkah pertama dengan mengguyur seluruh badan, setelah itu menggunakan sabun lalu guyur lagi hingga bersih. Cara ini juga memungkinkan kita tidak perlu berlama-lama di dalam kamar mandi, paling banter sekitar 5 menit saja.

  • Mencuci pakaian dan peralatan dapur dalam jumlah banyak

Saat ada pakaian atau peralatan dapur kotor. Pemandangan akan terkesan jorok. Karenanya, banyak yang berinisiatif mencuci pakaian dan peralatan dapur begitu ada yang terlihat kotor.

Di samping itu dengan mencuci sedikit-sedikit, maka  beban pekerjaan akan lebih ringan. Berbeda saat mencuci pakaian atau peralatan dapur saat menumpuk, waktu dan tenaga yang terpakai akan lebih banyak.

Namun, jika ingin bijak dalam menggunakan air, maka sebaiknya mencuci pakaian dan peralatan dapur, baik gelas maupun piring harus dalam jumlah yang besar atau banyak.

  • Menggunakan air sisa menyiram tanaman

Sisa air cucian, semisal cucian beras atau sayur biasanya hanya dibuang begitu saja. Padahal sisa air cucian tersebut masih bisa digunakan untuk keperluan lain, semisal untuk menyiram tanaman.

Ingat air cucian beras misalnya, sangat baik untuk menyuburkan tanaman.

  • Mencuci buah dan sayuran dalam satu wadah

Sangat biasa kita lakukan mencuci sayuran atau buah satu persatu—langsung dari keran atau disirami air. Padahal cara bijak menggunakan air dalam hal ini adalah mencucinya dalam satu wadah saja, sehingga penggunaan air lebih hemat.

Nah, itulah tips sederhana agar lebih bijak menggunakan air bersih, tidak bablas. Sebab air bukan hanya satu orang saja yang butuh, tapi semua makhluk hidup membutuhkannya.

Hal lain yang perlu diingat kenapa kita harus hemat menggunakan air, karena hingga detik ini belum ada yang menemukan bahan baku yang bisa menggantikan peran air. Sederhananya air tidak bisa digantikan oleh apa pun.

KLIK INI:  Yuk, Kenali Ciri-Ciri Air yang Tercemar!