8 Cara Melestarikan Bumi yang Bisa Dimulai dari Diri Sendiri

oleh -854 kali dilihat
Merawat Bumi dengan Gaya Hidup Berkelanjutan
Ilustrasi-Foto/livegreen2go

Klikhijau.com – Banyak cara bisa dilakukan menjaga bumi ini. Mulai dari hal besar hingga hal-hal sederhana.

Karenanya, jika tak bisa melakukan hal besar dalam menjaganya. Kita bisa melalukannya hal-hal sederhana.

Sesederhana apa pun yang kita lakukan untuk bumi, tetap akan memiliki dampak yang besar dalam pelestariannya.

Segala hal, jika harus diakui dan dijujuri, bermula dari hal kecil yang sederhana. Kemudian berkembang melahirkan dampak yang besar.

KLIK INI:  Kenali 5 Jenis Tanaman yang Dapat Mengusir Lalat di Rumah

Untuk membuat perubahan yang besar itu, biasanya dimulai dari diri sendiri. Barangkali kamu pernah mendengar kisah seorang pemuda yang ingin mengubah dunia.

Namun, seiring waktu, rupanya ia tak bisa mengubah dunia ini. Ia lalu mengerucutkan keinginannya, ingin mengubah negaranya saja. Keinginan itu kian mengerucut, ingin mengubah keluarganya saja. Agar tak terlalu luas dan membebani.

Tapi, ketika usia pemuda itu semakin bertambah dan semakin senja. Dan saat terbaring lunglai di atas tempat tidurnya, di mana kematian semakin mendekat. Ia baru menyadari dan menyesali, harusnya bukan dunia dan bukan pula keluarganya yang harus ia ubah (perilakunya), tapi dirinya sendiri.

Sebab menjadi inspirasi dan contoh banyak orang, jauh lebh baik dan jauh lebih mudah mengubah sesuatu yang lebih besar.

Sama halnya dalam hal melestarikan bumi ini, ada baiknya dilakukan dari diri sendri dengan menjadi contoh, yang bisa dimulai dari hal sederhana, semisal:

  • Tidak membuang sampah di sembarang tempat

Persoalan paling mendasar dan paling mudah dilakukan adalah membuang sampah bukan pada tempatnya. Kita nyaris tak peduli jika tindakan itu bisa membahayakan bumi ini, yang telah sangat baik menyiapkan dirinya untuk kita huni dan beraktivitas di atasnya.

Membuang sampah di sembarang tempat, seolah telah menjadi rutinitas yang sangat nyaman dan tanpa rasa berdosa jika kita lakukan.

Kita tak peduli, di mana dan kapan pun itu, kita bebas membuang sampah, baik di pinggir jalan maupun di sungai. Padahal tindakan itu tak ada alasan pembenarannya.

  • Mengurangi penggunaan bahan plastik

Penggunaan bahan plastik, khususnya yang sekali pakai sangat mudah menjebak. Sehebat apa pun kita menghindarinya, pada ujungnya kita kerap juga terjebak.

Semisal bebergian ke pesta, saat ini tuan rumah, yang punya hajatan tak lagi menyiapkan gelas kaca yang bisa diisi ulang air minum untuk tamu, tapi telah berganti menjadi air gelas kemasan berbahan plastik.

Tak berhenti di situ saja, kantong plastik pun sangat mudah menjebak kita, baik saat berbelanja di pusat perbelanjaan modern maupun di pasar tradisional. Namun, hal ini sesunggungnya bisa disiasati agar tak terjebak.

Caranya bisa denga membawa tumbler saat bebergian, termasuk ke pesta meski itu akan kelihatan sangat ganjil dan juga membawa tas sendiri saat berbelanja.

KLIK INI:  Tips Murah dan Mudah Meningkatkan Mood, Konsumsi 5 Jenis Buah Ini!
  • Daur ulang sampah

Mendaur ulang sampah dianggap solusi yang tepat mengurangi sampah. Daur ulang juga bisa menjadi lahan rupiah yang membahagiakan. Karena hasil daur ulang bisa dijual

Saat ini aktivitas daur ulang sampah telah banyak dilakukan, baik individu maupun kelompok.

  • Berkendara ramah lingkungan

Aktivitas jalan kaki saat ini semakin jarang. Padahal jalan kaki cukup menyehatkan. Bahkan dianjurkan berjalan kaki minimal 15 menit sehari.

Kehadiran kendaraan bermotor menyebabkan aktiviats jalan kaki juga ikut tenggelam padahal itu sehat dan ramah lingkungan

Namun, ada yang bisa dilakukan, yakni berkendara ramah lingkungan, semisal naik sepeda atau angkutan umum

  • Hemat air

Air merupakan sumber kehidupan yang  utama. Sayangnya banyak orang belum menyadarinya, sehingga membuang air seenaknya.

Hemat air adalah salah satu cara yang penting untuk menjaga kelestarian bumi. Minimal cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat air adalah menutup kran air setelah menggunakannya.

KLIK INI:  Peka dan Resah, Kunci Utama Tumbuhkan Perilaku Ramah Lingkungan
  • Hemat listrik

Menjadi hemat listrik itu baik. Apalagi sumber listrik kita masih banyak dari bahan bakar fosil yang diklaim tak ramah lingkungan.

Dengan menghemat listrik, artinya bahan bakar fosil pun bisa berkurang. Cara sederhana yang bisa ditempuh adalah mematikan lampu atau alat elektronik yang tak lagi digunakan

  • Menanam pohon

Menghijaukan bumi hanya bisa dilakukan dengan satu cara, yakni melalui pohon. Banyak pohon yang tumbuh sendiri dan ada pohon yang ditanam

Menanam pohon adalah cara terbaik untuk mengurangi emisi karbon, menghambat pemanasan global dan cara beramal yang bijak kepada makhluk hidup yang membutuhkan oksigen.

  • Menjaga satwa

Selain manusia dan tumbuhan, satwa merupakan makhluk yang memiliki peran penting terhadap kelestarian bumi. Ketiadaan satwa akan membuat mata rantai makanan terhenti, yang artinya kehidupan bisa terancam.

Maka, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah menjaga satwa, tak memburunya dan menangkapnya secara berlebihan, dan tak memperjual belikannya. Biarkan saja mereka hidup pada habitat seharusnya.

KLIK INI:  Penasaran Berwisata ke India? Ini 14 Tips Sederhana Saat Beribur di Sana