6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menghias Balkon dengan Tanaman

oleh -419 kali dilihat
Balkon rumah
6 Hal yang Perlu Diperhatian Saat Menghias Balkon dengan Tanaman-foto/rumahcom

Klikhijau.com – Balkon rumah, bisa jadi salah satu tempat ternyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Sebagai ruang terbuka, bersantai di balkon akan memiliki sensasi yang berbeda. Apalagi jika banyak dihiasi tumbuhan hijau yang ditata rapi.

Meski begitu, tidak sedikit orang hanya memanfaatkan balkon rumahnya sebagai tempat menjemur pakaian. Tentu saja itu tidak salah.

Sebagai tempat terbuka, balkon bisa dihiasi dengan berbagai tanaman, baik tanaman hias, tanaman buah maupun sayuran. Hal itu akan menambah rasa betah berlama-lama di balkon dan bisa jadi sumber pangan keluarga.

KLIK INI:  6 Ide Mengemas Liburan Anak di Rumah yang Ramah Lingkungan

Namun, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memulai menjadikannya sebagai taman atau kebun. Karena tidak semua jenis tanaman akan cocok menghiasinya. Tanaman yang memiliki karakteristik tumbuh besar pastilah kurang cocok.

Ini hal yang harus diperhatikan jika ingin menghiasi Balkon rumah Anda dengan tanaman:

  • Periksa terlebih dahulu

Memeriksaan balkon dianggap perlu—meski kita sudah sangat akrab dengannya. Tapi bisa saja ada detail-detail tertentu yang luput dari perhatian, semisal berapa lama sinar matahari menerpa balkon rumah.

Agar tumbuhan bisa tumbuh subur dan menarik. Hal yang harus dipahami adalah kondisi balkon sehingga bisa menentukan tanaman hias, buah atau sayuran apa yang cocok ditanam.

  • Pilih tanaman yang cocok

Harus diakui, tidak semua jenis tanaman bisa tumbuh pada area tertentu dan kondisi tertentu pula. Menanam di balkon pun demikian. Apalagi media tanamanya adalah pot. Dan tak semua tanaman bisa tumbuh subur dan menarik jika jadi tanaman pot.

Belum lagi persoalan sinar matahari, tidak semua tanaman bisa terpapar langsung dengan sinaran sang surya. Ada yang suka hanya “mencuri-curi” sedikit saja sinar matahari ada yang suka berhadapan langsung dan tetap tangguh.

Tanaman yang dianggap juga tangguh daan menyukai paparan sinar matahari di antaranya,  agave, sukulen, kaktus, bromeliad, rosemary, dan lidah mertua

Sedangkan yang tanaman tidak cukup tangguh berhadapan dengan terik matahari di antaranya, peace lily, monstera deliciosa, pakis atau suplir, dan ara biola.

KLIK INI:  Bunga Pukul Sembilan, Sering Dianggap Gulma Namun Kaya Manfaat
  • Melindungi tanaman

Tanaman yang menghiasi balkon juga tidak lepas dari ancaman. Karenanya perlu perlu dilindungi dari berbagai ancaman, salah satunya adalah angin. Karena berada pada ketinggian, maka angin akan lebih mudah menerpanya.

Cara yang bisa ditempuh untuk menghindarinya adalah mencoba mengelompokkan tanaman, Anda bisa menjadikan tanaman yang lebih pendek sebagai tameng dari terpaan angin.

Caranya dengan meletakkan tanaman yang lebih tinggi di belakangan tanaman yang lebih rendah. Cara ini selain menghindari dari terpaan angin, juga bisa lebih menghemat air saat penyiraman

  • Penataan tanaman

Untuk penataan tanaman di  balkon, ini bisa dilakukan sesuai selera. Tapi sebaiknya menggunakan dudukan pot, bisa bangku atau papan. Ini bertujuan agar lantai pot tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Pot yang bersentuhan langsung dengan lantai memiliki potensi merusak lantai. Selain itu, dengan menggunakan dudukan, lantai lebih mudah dibersihkan.

  • Jangan menyiram terlalu banyak

Menyiramkan air terlalu banyak pada tanaman di balkon dianggap kurang baik. Karena bisa menyebabkan lantai basah dan licin. Ini tentu akan berbahaya  bagi Anda sekeluarga

  • Memberi pupuk

Tanaman pot di balkon jika hendak subur sebaiknya diberi pupuk, pilihlah pupuk organik atau kompos yang Anda olah sendiri dari sisa makanan di rumah. Selain mengurangi sampah rumah tangga, juga bisa membuat tanaman tumbuh lebih subur dan mempesona.

KLIK INI:  Perihal Tanaman Puring, Manfaat dan Ragam Jenis yang Menghiasi Halaman Rumah