5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Menjadikan Kita Lebih Sehat

oleh -332 kali dilihat
5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Menjadikan Kita Lebih Sehat
Ilustrasi bangun pagi/foto-OK Nation
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

[hijau]Pagi membawa udara segar ke dalam paru-parumu[/hijau]

Klikhijau.com – Bangun di pagi hari kerap membuat badan terasa lemas. Lalu kita akan terseret pada rasa mager (malas gerak). Hal ini biasa saya alami. Apakah kamu juga mengalaminya?

Padahal pagi hari adalah waktu terbaik memulai aktivitas. Tapi, bagaimana cara memulai aktivitas jika kondisi tubuh kita terasa kurang fit. Apa yang harus dilakukan di pagi hari agar rasa segar menyergap tubuh.

Wisnubrata menulis, bahwa menurut ahli nutrisi, , pelatih kebugaran, dan guru yoga, beberapa kebiasaan ini akan menjadikan hidup anda jauh lebih sehat dan menyenangkan:

KLIK INI:  Kenapa Banyak Orang Minum Kopi di Pagi Hari? Ternyata Begini Sejarahnya
  • Pejamkan mata dan meditasi

Ini serupa dengan berdoa di pagi hari. Dengan duduk sejenak dan mensyukuri kehidupan atau merasakan suasana pagi bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta menekan stres sepanjang hari itu.

“Riset menunjukkan bahwa meditasi bisa mempengaruhi otak kita, dan menghidupkan area yang terkait dengan kesadaran, empati, pembelajaran, ingatan, dan welas asih, sekaligus memadamkan area yang terkait dengan rasa takut, cemas, dan stres,” ujar Kara Lydon, guru yoga dari Boston.

  • Melakukan peregangan

Peregangan membuat peredaran darah lebih lancar dan membuat kita lebih segar saat bangun.

“Peregangan juga menghindarkan kita dari cedera sebelum melakukan aktivitas, serta menghilangkan kekakuan akibat posisi tubuh yang tidak benar,” ujar Ryan Whitcomb, pelatih kebugaran di New Jersey.

  •  Sarapan biji-bijian

Kamu memerlukan tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari. Biji-bijian (whole grain) adalah pilihan yang baik. Selain membuat kita kenyang lebih lama, biji-bijian juga memberi manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko serangan jantung, diabetes, kanker, dan kegemukan.

  • Minum air

“Saat bangun tidur, tubuh kita membutuhkan air untuk mengganti cairan yang hilang,” ujar Alissa Rumsey, MS, RD, konsultan diet dari New York.

KLIK INI:  Mandi Pagilah! Rasakan, Ini Manfaatnya yang Mengejutkan

“Pasalnya sedikit saja dehidrasi bisa mengakibatkan rasa lemas, malas, dan memperlambat metabolisme. Dengan minum cukup air di pagi hari, kita bisa memompa tenaga kita,” lanjutnya.

  • Makan buah dan sayuran

Mengawali pagi dengan buah-buahan dan sayuran adalah pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Selain itu, buah-buahan di pagi hari membantu sistem pencernaan kita membersihkan racun, sekaligus memasok vitamin.

“Kita bisa menyantap pisang, apel, buah naga, pepaya atau buah lain di pagi hari untuk mendapatkan manfaat terbaik kesehatan,” ujar Samantha Cassetty, konsultan nutrisi dari New York.

Mari kita mencobanya!

KLIK INI:  Mau Turunkan Berat Badan, Cobalah Minum Kopi di Pagi Hari!