5 Ide Varian Jus Sayur yang Dapat Dicoba di Rumah

oleh -49 kali dilihat
5 Ide Varian Jus Sayur yang Dapat Dicoba di Rumah
Jus sayur wortel - Foto: Pixabay
Nurul Fayza Rahman

Klikhijau.com – Mengonsumsi makanan yang bernutrisi merupakan salah satu bentuk upaya kita dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya ialah dengan mengonsumsi sayur. Sayur sudah menjadi salah satu menu utama pada setiap hidangan makanan, sebab sayur juga akan menambah cita rasa makanan yang dihidangkan.

Akan tetapi mengonsumsi sayur sebagai lauk saja tidak cukup. Sayur yang dijadikan lauk kerap kali sudah bercampur dengan berbagai bahan dan bumbu lainnya yang dapat mengurangi nutrisi dari sayur itu sendiri.

Bentuk pengolahannya pun juga dapat merusak kandungan zat bergizi pada sayur. Seperti waktu perebusan yang terlalu lama serta menumis dengan komposisi minyak yang terlalu banyak.

Alhasil tujuan dari makan sayur pun bukan lagi semata-mata untuk kesehatan melainkan sebagai penambah cita rasa. Maka dari itu ada cara lain yang dapat sahabat hijau lakukan untuk mengonsumsi sayur, yakni dengan mengolahnya menjadi jus. Sayur apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan berikut:

KLIK INI:  Pada Buah Anggur, Rasakan Manfaat Ini jika Rutin Dikonsumsi
  1. Sayur Kale

Apakah sahabat hijau sudah tidak asing dengan jenis sayur yang satu ini? Mungkin bagi sebagian orang, sayur ini masih awam terdengar  karena sangat jarang dijual di pedagang sayur kaki lima ataupun pasar tradisional. Sayur Kale lebih sering ditemui di supermarket tertentu.

Sayur Kale merupakan salah satu jenis sayuran kubis dan berwarna hijau tua. Sayuran ini dikenal sebagai sayur superfood karena kaya akan serat dan nutrisi. Pada sayuran kale terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, beta-karoten serta vitamin c.

Sayuran ini dapat menurunkan kolestrol dan juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Untuk mendapatkan cita rasa yang segar saat mengonsumsi sayur kale, sahabat hijau dapat mengkombinasikan sayuran ini dengan buah-buahan lain yang bersifat asam atau kecut seperti buah nanas, strawberry ataupun apel.

Cukup dengan kombinasi tersebut sobat hijau sudah dapat mengonsumsi jus bernutrisi ini. Satu hal yang perlu diingat dalam membuat jus, yakni sebaiknya tidak menambahka gula pada jus karena campuran buah-buahan telah memberikan rasa manis yang pas pada jus.

KLIK INI:  Selain untuk Bahan Masakan, Ini Manfaat Lain Minyak Kelapa
  1. Sayur Bayam

Masih seputar sayuran hijau, sobat hijau pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur yang satu ini. Sayur bayam sangat mudah ditemukan dimana-mana. Sayur ini bisa jadi alternatif pengganti jika sobat hijau kesulitan mendapatkan sayur kale.

Sama seperti sayur kale, sayur bayam juga memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan mengandung beta karoten. Selain itu bayam juga kaya akan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Apabila seseorang kekurangan vitamin A hal ini dapat menyebabkan mata menjadi kering.

Adapun kandungan lain dari sayur bayam ialah vitamin E, K, Kalsium, seng, zat besi, dan fosfor. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Untuk mengonsumsi jus bayam dalam keadaan dingin, sobat hijau boleh menambahkan air dingin agar lebih segar, selain itu dapat dikombinasikan dengan sayuran hijau yang lain seperti timun ataupun buah lainnya.

  1. Wortel

Saatnya beralih dari sayuran hijau. Wortel merupakan salah satu tumbuhan sayur yang identik dengan warna orangenya yang khas. Sobat hijau mungkin sudah tidak asing mendengar perkataan makanlah wortel jika ingin penglihatan bagus dan sehat. Hal tersebut rupanya bukan sekedar perkataan belaka sebab wortel memang mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

KLIK INI:  9 Jenis Buah Penurun Panas Tinggi yang Manjur dan Mudah Dijumpai

Selain untuk kesehatan mata, wortel juga sering dijadikan jus untuk mendapatkan kesehatan kulit yang baik utamanya pada wajah. Mengonsumsi jus wortel dengan rutin juga dapat memberikan efek anti kanker pada tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Cara terbaik untuk mengonsumsi wortel sebagai jus ialah dengan mencampurkan dengan buah tomat, apel, ataupun nanas. Sehingga nutrisi yang didapatkan juga jadi lebih banyak.

  1. Seledri

Saatnya kembali ke sayuran hijau. Ketika mengonsumsi sayur ataupun makanan yang berkuah, rasanya pasti kurang jika tidak ditambah dengan sayur yang satu ini. Seledri kerap kali dijadikan sebagai penghias dan penambah cita rasa pada makanan. Namun ternyata sayur ini juga dapat dikonsumsi sebagai jus.

Jus seledri mengandung fitokimia tertentu yang dapat memberikan efek anti inflamasi pada tubuh sehingga jus ini dapat mengatasi peradangan. Selain itu jus seledri juga telah dikenal sebagai detoksifikasi tubuh karena kaya akan kandungan bernutrisi. Terdapat kandungan 3-N-butylphthalide pada seledri yang dapat mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi serta dapat juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

KLIK INI:  Kaya Manfaat, Kacang Mete Bagus Dijadikan Camilan di Pagi Hari

Bagi sobat hijau yang mengalami gangguan pencernaan, jus seledri ini  sangat bagus untuk dikonsumsi sebat terdapat kandungan apigenin yang dapat membantu mengendalikan bakteri baik di dalam usus.

  1. Sayur Kubis

Sayur yang satu ini sering dijadikan pelengkap saat hendak makan lalapan. Kubis juga sering diolah dalam bentuk hidangan kuah, tumis, salad ataupun untuk roti lapis. Namun sayur ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman segar berupa jus. Kubis kaya akan kandungan vitamin C serta vitamin K yang baik untuk tubuh.

Adapun manfaat dari mengonsumsi jus kubis ialah dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan sel, gangguan pencernaan, gangguan peradangan, serta risiko penyakit kanker. Jus kubis juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Jus kubis dapat dikonsumsi tanpa dicampur dengan kombinasi sayur ataupun buah yang lain, akan tetapi jika ingin menambah rasa dapat ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk lemon ataupun jeruk nipis.

Nah sobat hijau itulah beberapa jenis sayur yang dapat diolah dan dikonsumsi di rumah, apakah sobat hijau tertarik untuk mencobanya?

KLIK INI:  Bassang, Makanan Khas Sulsel yang Lihai Menari di Lidah