5 Hal Istimewa di Rumah Hijau Denassa yang Membuat Anak Ceria

oleh -348 kali dilihat
5 Hal Istimewa di Rumah Hijau Denassa yang Membuat Anak Ceria
Rumah Hijau Denassa, membuat anak ceria.

Klikhijau.com – Lebih setahun lalu, saya mengajak anak-anak ke Rumah Hijau Denassa (RHD) di Kampung Borongtala, Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo Gowa. Sebelumnya, informasi tentang RHD saya dapatkan melalui internet juga dari Foundernya langsung Darmawan Denassa di saat kebetulan berjumpa.

Awalnya saya mengira, di sana hanyalah tempat berwisata alam biasa di mana anak-anak akan menjumpai nuansa alami. Wow, tidak rupanya.

Saat anak-anak berkumpul di halaman depan area konservasi RHD, anak-anak akan berdialog dulu dengan Wawan dengan sangat meriah dan ramah.

Perkenalan singkat itu menjadi pengantar khusus pada siapa pun yang bertandang ke RHD, terutama anak-anak.

Kejutan setelahnya lebih mengasyikkan lagi. Berikut ini, setidaknya ada 4 hal istimewa yang akan selalu dikenang anak kita sepanjang masa bila berkunjung ke RHD.

KLIK INI:  3 dari Desa Terbersih di Dunia Ada di Indonesia, Penasaran? Klik Ini!
Berkunjung ke persawahan

Bagi anak-anak yang tinggal di kota, pengalaman satu ini tentu tak biasa. Yah, berkunjung ke area persawahan yang terbuka lapang.

Sebelum tiba di sana, anak-anak akan melewati jalan khusus yang rindang. Jadi, seolah-olah sedang berpetualang di hutan.

Saat tiba di sawah, Wawan akan memperkenalkan tentang banyak hal dengan bahasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti anak-anak. Diantaranya tentang filosofi beras dan mengapa kita harus menghargai pangan.

Anak-anak pun akan paham betapa panjangnya proses sebuah pangan itu ada sebelum akhirnya bisa dikonsumsi.

Bila datang persis di musim tanam padi, anak-anak bahkan akan dilibatkan menanam padi di dalam sawah berlumpur. Sebuah berharga yang membahagiakan anak.

Bermain bersama

Banyak permainan menarik di perkenalkan di RHD. Anak-anak akan menikmatinya sebab dilakukan di ruang terbuka dengan bebas.

Anak-anak bergerak dan berkolaborasi satu sama lain. Permainan paling seru dan selalu terkenang pada anak saya adalah saat menangkap belalang di sawah.

Sungguh-sungguh sebuah petualangan menarik, karena anak-anak akan berjibaku sambil tertawa di tengah sawah. Masih banyak permainan lainnya setelah ini yang melibatkan anak-anak yang datang dengan ceria.

KLIK INI:  Memukau, Jepretan Kece Fotografer Ini Tunjukkan Eksotika Gugusan Karst Maros-Pangkep
Makan bersama di ruang terbuka

Setelah setengah hari bermain, tibalah saatnya anak-anak akan menikmati pesta makan bersama. Sebelumnya, anak-anak akan melakukan shalat berjamaah (bagi yang beragama Islam) di sebuah lapangan terbuka.

Tempat berwudhunya keren lho, mengingatkan saya di masa kecil di kampung. Nah, makan bersama digelar secara terbuka dan bersama-sama.

Menunya istimewa karena dimasak khusus di Rumah Hijau oleh keluarga Wawan Denassa. Menu makanannya sangat menarik, sayur dan ikannya lengkap.

Benar-benar memberi kesan alami. Karena anak-anak sudah mendapat pencerahan soal pangan sebelumnya, dipastikan anak-anak akan menghabiskan mamakanannya hingga tetes terakhir.

Pesannya adalah makanan harus dihargai sebagai sebuah berkah dari yang kuasa.

Perkenalan manfaat beragam flora

Di RHD terdapat banyak tumbuhan langka maupun tumbuhan yang lazim dijumpai di mana-mana. Anak-anak akan ditunjukkan beragam tumbuhan itu lalu dijelaskan tentang manfaatnya.

Termasuk kisah-kisah menarik di baliknya serta bagaimana cara mengolahnya untuk dimakan atau untuk pengobatan.

KLIK INI:  Puntondo Dikemas Menjadi Wisata Edukasi di Ujung Takalar

Banyak pengetahuan baru yang bisa didapatkan di sesi ini, terutama mengedukasi anak untuk bersahabat dengan alam sejak dini.

Anak-anak juga diperkenalkan pohon endemik dan tumbuhan khas lokal Sulawesi.

Rumah baca

Sebuah rumah panggung di depan rumah Wawan memikat hati pengunjung. Bangunannya dibuat otentik berbahan kayu.

Di sana kita bisa menjumpai buku-buku. Anak-anak dipersilakan mampir ke sana membaca buku sembari menikmati suasana sejuk di atas rumah panggung.

Di bagian ini, sesi swafoto jangan dilupakan karena latar belakangnya yang menarik. Boleh berfoto berlatar pohon rindang sembari baca buku.

Bagaimana, tertarik mengajak anak-anak Anda ke Rumah Hijau Denassa? Sejak dibuka untuk umum sejak tahun 2007 lalu, tempat ini memang banyak dijadikan tempat outbound dan liburan anak.

Apalagi hanya berjarak sekitar 19 Km dari kota Makassar. Kenangan dari sana terus terawat dalam ingatan anak.

Seperti anak saya yang selalu merengek-rengek ingin ke RHD lagi, sebuah permintaan penanda rindu di tempat itu.

KLIK INI:  5 Destinasi Eksotik yang Dekat dengan Alam, dari Ikan Raksasa hingga Hutan Tertua di Dunia