4 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Noda Hitam pada Mukena

oleh -126 kali dilihat
4 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Noda Hitam pada Mukena
Ilustrasi mencuci mukena-foto/Ist

Klikhijau.com – Apakah ada bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam pada mukena?

Bagi wanita muslim, mukena adalah barang “wajib” mereka miliki. Karena mukena adalah salah satu perlengkapan salat bagi wanita.

Sayangnya, mukena kerap dikenakan padahal anggota tubuh masih basah karena air wuduh. Hal tersebut bisa membuat mukena rentan terkena noda jamur atau noda hitam.

Biasanya noda  jamur kehitam-hitaman muncul pada pada bagian dagu hingga leher, dan juga  pada bagian kepala dari mukena.

Noda-noda hitam tersebut kerap membandel, tak mudah hilang meski telah dicuci dan sangat tampak sekali, khususnya mukena yang berwarna putih.

KLIK INI:  Jeruk Nipis Bisa Membuat Kulit Wajah Lebih Mulus, Benarkah?

Untuk menghilangkannya, dibutuhkan kerja keras dan bahan khusus. Menggunakan detergen atau sabun saja tak cukup.

Namum tenang, ada bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada mukena Anda, sehingga akan membuat Anda lebih nyaman saat salat, khususnya di bulan Ramadan yang tak lama lagi tiba.

Berikut 4 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir jamur atau noda hitam dari mukena Anda:

  •   Belimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa asam.  Rasa asam itulah yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkat noda jamur membandel yang melengket pada mukena.

Cara menggunakannya mudah saja, cukup potong belimbing wuluh menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan pada bagian yang terdapat noda hitam.

Setelah digosok secara merata, jangan langsung dibilas.  Diamkan mukena semalaman. Setelah itu  bersihkan dengan cara biasa hingga bersih sempurna.

KLIK INI:  7 Cara Alami Membasmi Lalat Buah di Rumah tanpa Bahan Berbahaya  
  •   Cuka

Cuka, bahan dapur yang serba guna. Ia memiliki kandungan asam asetat yang tinggi. Kandungannya itulah yang diyakini dapat menghilangkan noda jamur yang terdapat pada pakaian, termasuk pada mukena.

Cara menggunakan cuka untuk mengusir noda bandel pada pakaian,  adalah dengan mencampurkannya ke dalam air dingin.

Apabila sudah tercampur, cuka pada bagian noda kemudian disikat dengan perlahan. Sikat yang digunakan bisa sikat gigi bekas.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah  merendam mukena di dalam air cuka selama seharian atau semalaman. Setelah itu, mukena kemudian dicuci dengan cara biasa alias manual menggunakan deterjen.

KLIK INI:  Berapa Umur Sayuran Siap Panen? 10 Jenis Sayuran Ini Paling Cepat Panen!
  • Buah mengkudu

Buah ini, bukan hanya  baik dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Namun, rupanya juda mampu difungsikan sebagai bahan untuk  menghilangkan jamur  pada mukena.

Cara menggunakannya cukup simple. Langkah pertama, kupas terlebih dahulu buah mengkudu. Setelah dikupas, peras airnya diperas kemudian diambil sari airnya.

Setelah itu, hasil perasan tersebut campurkan ke dalam satu liter air. Kemudian, rendamlah mukena Anda ke dalam campuran air tersebut selama semalaman.

Setelah itu, cucilah mukena Anda dengan cara biasa atau manual dengan menggunakan deterjen.

KLIK INI:  Pada Corak Sutra, Soppeng Merawat Warisan Leluhur
  • Jeruk nipis

Jeruk nipis memang ajaib, di Makassar, buah ini adalah teman setia coto. Namun, rupanya bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat coto lebih menari di lidah. Tapi, juga bisa digunakan untuk mengusir noda bandel pada pakaian, khususnya mukena.

Hal itu dikarenakan, jeruk nipis memiliki kandungan asam yang baik. Kandungan asam itulah yang berfungsi sebagai membersihkan noda pada kain.

Cara menggunakannya mudah saja, cukup dengan merendam mukena ke dalam perasan air jeruk. Lamanya seharian penuh atau semalaman penuh.

Namun, jika ingin hasil yang lebih cepat, Anda dapat menetesi bagian noda jamur pada pakaian atau mukena dengan tetesan air jeruk nipis

Setelah itu, cuci mukena Anda secara manual dengan menggunakan deterjen hingga bersih.

Nah, sahabat hijau, itulah 4 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilang noda hitam alias jamur pada mukena. Semoga memberi manfaat!

KLIK INI:  8 Manfaat Cuka yang Berkaitan dengan Pekerjaan Rumah Tangga