10 Hal yang Perlu Diterapkan Jika Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari

oleh -54 kali dilihat
Tidur Malam Kurang dari 6 Jam Bisa Tingkatan Risiko Kematian Dini
Tidur malam/Foto-Kompasiana

Klikhijau.com – Aktivitas tidur malam sangat dianjurkan. Apalagi jika bisa tidur nyenyak. Sebab tdur nyenyak sangat baik kesehatan.

Hanya saja untuk mendapatkan tidur nyenyak saat malam tidaklah mudah. Banyaknya beban pikiran dan kesibukan kadang menyita kenyenyakan itu.

Padahal mendapatkan waktu tidur tujuh hingga delapan jam sangat direkomendasikan setiap malam. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari.

Dilansir dari sleephealth.org ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

KLIK INI:  Tidur Malam Kurang dari 6 Jam Bisa Tingkatan Risiko Kematian Dini
  • Jangan tidur siang lebih dari 45 menit di siang hari

Tidur siang memang bagus untuk kesehatan. Tetapi terlalu lama tidur siang akan menganggu siklus tidur pada malam hari terganggu.

Jika tidak cukup tidur, tubuh akan mulai menuntut lebih banyak tidur. Tidur tujuh hingga sembilan jam yang direkomendasikan setiap malam penting untuk kesehatan

Tidur siang mungkin hanya yang dibutuhkan untuk mencegah kemerosotan di sore hari selama, sebaiknya jangan tidur siang lebih dari 45 menit.

  • Jangan minum yang berkafein 6 jam sebelum tidur

Minum kopi atau yang mengandung kafein dapat berdampak besar pada kualitas tidur di malam hari. Jadi,  penting untuk menemukan waktu yang tepat untuk tidak minum minuman berkafein sebelum tidur—minimal 6 jam sebelum jam tidur dimulai.

  • Tidak menjadikan tempat tidur sebagai tempat rekreasi atau bermain

Pikiran dan tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan diri. Setiap malam kita perlu menetapkan periode istirahat, yang harus lebih lama dari jumlah waktu tidur.

Jika  menggunakan kamar tidur untuk aktivitas selain tidur, otak memungkinkan akan mengasosiasikannya dengan terjaga. Hal itu akan membuat tidur lebih sulit.

KLIK INI:  Tentang Bahaya Terpapar Cahaya Saat Tidur dan Tips Menghindarinya
  • Menetapkan waktu

Menetapkan waktu tdur yang teratur untuk tidur dan bangun setiap hari sangat dianjurkan. Banyak dari kita tidak memberikan perhatian yang cukup pada tidur kita. Sangat mudah untuk berasumsi bahwa selama kita cukup istirahat, kita baik-baik saja.

Namun kualitas tidur kita sama pentingnya dengan kuantitas, dan keduanya bisa terganggu oleh kurangnya rutinitas.

  • Ciptakan rutinitas waktu tidur yang menenangkan

Membuat suasana lebih rileks sebelum tidur akan membuat tidur malam lebih nyenyak. Rutinitas waktu tidur yang baik dapat membantu lebih bersantai dan tertidur dengan cepat dan mudah.

KLIK INI:  Waspadai Narkolepsi! Kantuk Berlebihan di Siang Hari Salah Satu Gejalanya
  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga akan membantu tidur malam lebih nyenyak. Namun perlu diingat olahraga jauh waktu sebelum tidur malam.

National Sleep Foundation merekomendasikan agar orang dewasa tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Namun, berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu siklus tidur malam.

terjaga.

  • Gunakan tempat tidur yang nyaman

Dalam hal tidur, kenyamanan adalah kuncinya. Baik  itu berbagi tempat tidur dengan pasangan atau tidur di kasur yang tidak nyaman. Kualitas tidur  dapat berdampak signifikan pada perasaan keesokan harinya.

Mendapatkan tempat tidur yang nyaman akan membuat tidur lebih nyenyak

  • Jangan minum alkohol sebelum tidur

Alkohol bisa saja membantu tertidur,  tetapi alkohol juga dapat membuat tetap terjaga di malam hari. Jika kamu ingin mendapatkan tidur malam yang sehat dan nyenyak, perlu diingat bahwa komponen alkohol memiliki efek negatif pada tidur.

KLIK INI:  Wow, Garam Dapur Bisa Mengusir Ketombe
  • Hindari makan makanan berat

Sebelum tidur ada baiknya hindari makanan yang berat dan membuat terlalu kenyang. Selain itu, hindari pula makana pedas atau manis sebelum tidur

Tidur nyenyak sama pentingnya dengan makan sehat dan tetap terhidrasi. Kualitas tidur dapat memengaruhi perasaan keesokan harinya. Makanan, minuman, dan aktivitas tertentu dapat mempersulit untuk tertidur atau tetap tertidur.

Meskipun tidak ada aturan pasti tentang apa yang boleh atau tidak boleh dimakan sebelum tidur. beberapa makanan mungkin membuatkita lebih sulit tertidur, sementara yang lain membuat akan tetap terjaga.

  • Meredam suara dan memadamkan lampu

Banyak orang yang menyukai mendengarkan musik sebagai pengantar tidur. Ada pula yang menyukai suasana terang.

Namun, sebaiknya jauhkan diri dari suara-suara yang bisa mengganggu tidur, dan juga nyala lampu. Keduanya bisa merampas dari tidur nyenyak di malam hari.

KLIK INI:  6 Tips Olahraga Saat Cuaca Panas Agar Terhindar dari Heat Stroke Mematikan